Jumat, 10 Maret 2017 23:43 WIB

Pemprov DKI Fokus Bersihan Saluran Air dan Gorong-gorong

Editor : Yusuf Ibrahim
Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus melakukan pembersihan saluran air atau drainase, termasuk gorong-gorong. 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, usai meninjau kondisi gorong-gorong di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (10/03/2017), menegaskan pembersihan drainase itu menjadi fokus saat ini. 

"Setelah dicek langsung, ternyata banyak sedimentasi yang menyumbat saluran air. Sedimentasi itu ada pasir, semen, sampah, bahkan ada juga bekas cor-coran," kata Sumarsono pula. 

Terkait penemuan sampah kulit kabel di gorong-gorong yang berada di Jalan Gatot Subroto beberapa waktu lalu, menurut dia, saat ini seluruh sampah tersebut telah dibersihkan. 

"Sampah-sampah kulit kabel di gorong-gorong itu sudah dibersihkan semuanya, jadi tidak ada lagi kulit kabel. Akan tetapi, masih banyak endapan atau sedimentasi di dalamnya," ujarnya pula. 

Selain di Jalan Gatot Subroto, dia juga meninjau kondisi saluran air yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Namun, permasalahan yang ditemukannya berbeda, yakni banyak kabel utilitas yang semrawut. 

"Kalau di dalam saluran air di Jalan KH Wahid Hasyim, beda lagi masalahnya. Kami menemukan sekitar 12 kabel utilitas yang menumpuk. Ada kabel telepon, kabel listrik, fiber optic, dan lain-lain. Semuanya jadi satu juga dengan drainase," katanya. 

Upaya untuk penyelesaian permasalahan tersebut, katanya lagi, akan menggelar pertemuan dengan beberapa pihak terkait, termasuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta. 

Dalam peninjauan tersebut, Sumarsono turut didampingi oleh Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Dian Ekowati, dan Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.(exe/ist)


0 Komentar