Sabtu, 11 Maret 2017 10:44 WIB

Demokrasi Indonesia Bisa Jadi Contoh bagi Timur Tengah

Editor : Rajaman
Zulkifli Hasan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia menjadi kesempatan yang tepat bagi kedua negara untuk saling mengenal kebudayaan satu sama lain. 

Menurutnya, sebagai negara demokrasi dengan populasi muslim terbesar di dunia, cara Indonesia dalam mengelola keberagaman bisa menjadi contoh bagi negara Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.

"Kita negara muslim terbesar tapi bisa hidup rukun dalam keberagaman. Indonesia juga bisa mengelola hubungan di kawasan ASEAN, yang agamanya beragam. Sebagai negara demokrasi, ini bisa jadi contoh untuk negara Timur Tengah," ujar Zulkifli dalam keterangan pers, Sabtu(11/3/2017).

Zulkifli pun mengaku prihatin terhadap kondisi dan stabilitas negara-negara Timur Tengah, yang saat ini terus bergejolak. Dia berharap Arab Saudi mampu menjadi titik sentral dalam upaya menciptakan iklim kondusif di wilayah itu.

"Tentu kita sangat prihatin dengan konflik berkepanjangan di Timur Tengah. Kita berharap Arab Saudi bisa lebih berperan mendamaikan sesama muslim," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, dia mengatakan kunjungan Raja Salman mampu menjadi tonggak kebangkitan Indonesia. Dia berharap Indonesia bisa menjadi mitra Arab Saudi di Asia dalam bidang ekonomi, politik, maupun kebudayaan.

"Dengan kunjungan (Raja Salman, red) ini, saya percaya Indonesia akan menjadi mitra strategis sekaligus mitra setara dengan Arab Saudi," katanya.


0 Komentar