Senin, 20 Maret 2017 15:47 WIB

Data Pemilih Pilgub DKI Putaran Dua Bertambah 156 Ribu DPS

Editor : RB Siregar
Daftar Pemilih Sementara Pilgub DKI 2017 putaran II terus bertambah.(ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com -  Komisioner KPUD DKI Bidang Pemutakhiran Data Pemilih, Moch Sidik, mengungkapkan, berdasarkan data pemutakhiran sementara terdapat penambahan  156 ribu daftar pemilih sementara untuk Pilkada DKI putaran kedua. 

"Angka dari rekap kemarin dan tadi malam, ada penambahan pemilih dibanding daftar pemilih tetap (DPT) putaran pertama itu jumlahnya 156 ribuan," kata Sidik di Hotel Lumire, Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017). 

Angka tersebut, lanjut Sidik, masih bisa terus berubah karena  masih  ada penambahan, misalnya  ada beberapa data pemilih  belum masuk, baik dari  beberapa Lapas yang masih dalam proses verifikasi. 

"Kalau data Lapas sudah masuk, misal yang sekarang kami minta verifikasi 10 ribu sampai 11 ribu, karena dari pengelola rutan atau Lapas datanya sementara data DKI. Tetapi, kami ingin pastikan apakah betul mereka warga DKI atau bukan. Yang bisa mengecek NIK itu Dukcapil," kata Sidik kepada wartawan.

Konsekuensi  penambahan DPS ini akan ada penambahan sembilan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di beberapa wilayah. 

"Kurang  lebih menambah sembilan TPS. Jakarta Timur paling banyak sebanyak empat TPS, karena di sana nambahnya cukup lumayan. Jakarta Timur tambahnya 36 ribuan data di DPS dibanding DPT," kata Sidik.

Kemudian,  untuk wilayah Jakarta Barat terdapat penambahan 34 ribu, Jakarta Utara 32 ribuan. Untuk Jakarta Selatan terdapat penambahan sekitar 33 ribuan, Jakarta Pusat 17 ribuan dan Kepulauan Seribu sekitar 300-an.


0 Komentar