Senin, 20 Maret 2017 17:01 WIB

Instansi Pertahanan Didorong Gunakan Produk Domestik

Editor : Rajaman
Teguh Juwarno (dok/bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mendorong agar instansi yang berhubungan dengan pertahanan dan kemananan menggunakan produk industri dalam negeri (domestik).

Demikian disampaikan Teguh menanggapi kemampuan industri pertahanan dalam negeri, seperti PT Dirgantara Indonesia (PT DI), PT Pindad, PT PAL untuk memenuhi kebutuhan instansi pertahanan dan kemanan Tanah Air.

"Teman-teman dari Kemenhan, Polri sebaiknya menggunakan industri dalam negeri. Jadi jangan ada lagi jajaran kementerian kita atau jajaran pertahanan kita membeli helikopter dari luar negeri misalnya. Jangan maunya belanja dari luar saja," ujar teguh di gedung DPR, Senin (20/03/2017).

Menurutnya, industri pertahanan Indonesia saat ini cukup diperhitungkan negara-negara tetangga.

"Buktinya PT DI mampu memproduksi pesawat secara mandiri dan banyak dipesan negara-negara luar. Intinya produk-produk kita memiliki kualitas yang bisa diandalkan," jelas Teguh.

Lebih lanjut Teguh mengaku tidak sepakat jika ada pihak yang masih meragukan kemampuan industri pertahanan dalam negeri termasuk kemampuan PT DI misalnya dalam memenuhi kebutuhan sektor pertahanan dan keamanan di dalam negeri.

"PT DI sudah bisa penuhi itu. Kalaupun ada kekurangan, Tentu artinya begini, ada komponen-komponen kita yang belum bisa kita buat. Tapi pada dasarnya, PT DI sudah bisa memproduksi kebutuhan dalam negeri," ujarnya.

"Intinya kita harus kasih kepercayaan pada kemampuan industri pertahanan dalam negeri," pungkas politikus PAN ini.


0 Komentar