Jumat, 24 Maret 2017 18:26 WIB

Banyak Modus Penculikan, Komnas PA: Orang Tua Harus Waspada

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Danang Fajar
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait mengatakan, banyak cara pelaku penculikan terhadap anak dalam memuluskan aksinya.

Para pelaku sejatinya tidak lagi menggunakan cara-cara yang sudah diketahui oleh orang tua dan warga sekitar terkait penculikan anak.

"Seperti berpura-pura menjadi orang gila. Jadi saat upaya menculiknya gagal dan atau ketahuan oleh orang lain, si pelaku dapat berpura-pura gila untuk meloloskan diri dari jerat hukum dan ada juga yang sengaja berpura-pura sebagai pengemis, seperti di Surabaya," ujar Arist, di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Selain itu, para pelaku penculikan kerap kali menyamar jadi orang tua asuh atau keluarga korban yang mengaku untuk menjemput sang anak.

"Ada juga penculikan dengan menyamar sebagai pedagang keliling. Seperti pedangang jajanan anak atau pedagang kebutuhan rumah tangga," katanya.

Maka dari itu, para orang tua diimbau agar lebih waspada atas tindakan penculikan yang diketahui sedang marak terjadi."Para orang tua agar jangan sampai lepas kontrol terhadap anak," jelasnya.


0 Komentar