Senin, 27 Maret 2017 23:47 WIB

Menag Lukman Harap Nyepi Jadi Trikaya Parisuda

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin, menghadiri acara seremoni upacara Tawur Agung Kesanga di Pelataran Candi Prambanan, sebagai rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 atau 2017 Masehi. 

Catur brata penyepian, yakni amati lelungan, amati lelanguan, amati karya dan amati geni sendiri akan dijalani seluruh umat Hindu pada Selasa, 28 Maret 2017 besok. Melalui ritual sakral ini, Menag berharap umat Hindu dimanapun berada akan memperoleh kebahagian dan sejahteraan lahir batin.

"Umat hindu harus mampu menjadikan nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Raya Nyepi sebagai sumber inspirasi untuk menata perbuatan, perkataan, dan pikiran menjadi trikaya parisuda atau tiga perbuatan yang suci bersih," kata Lukman Hakim, Senin (27/3/2017).

Dengan menjadi parisuda, kata dia, semoga umat Hindu mampu mengendalikan diri sendiri dan menghindari perbuatan sifat-sifat kebatilan. Upacara sakral ini sebagai sarana refleksi diri dan kembali meneguhkan diri untuk hidup saling menghormati perbedaan.

"Tema catur brata penyepian memperkokoh toleransi kebhinekaan berbangsa dan bernegara ini sangat relevan dan juga sejalan dengan visi kemenag, yakni memperkokoh umat, tamen munculnya intoleransi yang akhir-akhir ini seperti mencederai bangsa," tandasnya. 

Umat Hindu kata Menag, sudah lama mengajarkan kebhinekaan yang menganggap semua bersaudara meski berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan. Menag kembali mengingatkan pentingnya hidup toleransi diera kini. 

Ribuan umat Hindu hadir dalam upacara ini. Usai acara seremoni, umat Hindu mengelar doa bersama dengan membakar dupa yang dipimpin oleh tokoh umat Hindu. Lantunan puja-puja dipanjatkan agar memberi keselamatan, baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, hingga bangsa Indonesia.(exe/ist)
 


0 Komentar