Minggu, 02 April 2017 14:02 WIB

Presiden Paraguay Pecat Menteri Pejabat Kepolisian

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Horacio Cartes. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Paraguay memecat menteri dan pejabat kepolisian setelah seorang pemimpin muda oposisi tewas dalam kerusuhan.

Kerusuhan dipicu aksi demonstrasi menentang voting rahasia Senat untuk amandemen konstitusi yang memungkinkan presiden melakukan pemilihan ulang.

Presiden Horacio Cartes mengatakan menteri dalam negeri Tadeo Rojas dan kepala polisi nasional Crispulo Sotelo telah dibebastugaskan seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Minggu (2/4/2017).

Rodrigo Quintana, 25, tewas di markas kelompok aktivis liberal youth. Quintana tewas di lokasi yang berbeda dengan gedung kongres di Asuncion di mana sebagian besar kekerasan terjadi.

Para demonstran melakukan pembakaran di sekitar gedung legislatif setelah pemungutan suara untuk memungkinkan Cartes berkuasa lagi di negara yang dihantui aturan selama 35 tahun Jenderal Alfredo Stroessner.

Sejauh ini, pihak kepolisian menyatakan telah menangkap setidaknya 211 orang, termasuk empat anak di bawah umur. Menurut saluran media ABC, kantor kejaksaan Paraguay sejauh ini telah memeriksa 12 demonstran yang ditahan.(exe/ist)


0 Komentar