Senin, 03 April 2017 13:56 WIB

Jelang Ramadhan, Plt Gubernur DKI Antisipasi Membeludaknya Pengemis

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dua bulan menjelang Ramadhan, Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono sudah menyiapkan antisipasi adanya aturan untuk para pengemis di DKI Jakarta.

Sumarsono mengatakan, jelang Ramadhan biasanya Jakarta dibanjiri oleh pengemis dan gelandangan. Karena itu pihak Pemprov DKI akan memberikan perlakuan khusus kepada mereka di panti sosial dan instrumen-instrumen bantuan lainnya.

"Nanti kita antisipasi peredarannya, karena ada aturan-aturannya yang sebenarnya gelandangan tidak boleh turun. (Jelang Ramadhan) itu memang fenomena para pengemis dan gelandangan meraup keuntungan. Tidak boleh gelandangan membanjiri Jakarta dengan alasan kehidupan, tetap akan kita tegakkan. Menjelang lebaran dengan alasan untuk kehidupan enggak boleh," kata Sumarsono di Balaikota DKI, Senin (3/4/2017).

Sumarsono menegaskan, hal ini tidak hanya dilakukan di Jakarta melainkan seluruh daerah. Pihak Pemprov DKI akan merazia para gelandangan dan kemudian memindahkan mereka ke panti sosial.

Pasalnya Dirjen Otda Kemendagri ini menilai dibalik pengemis dan gelandangan tersebut ada oknum yang menggerakkan untuk mencari uang.

"Karena dijalan bukanlah kehidupan yang layak, hidup yang layak ya dipanti. Tapi kalau betul-betul dia penyandang sosial ya kita tetapkan dia dalam posisi yang selaras hidup khususnya di panti sosial, kita tanggung disana, kita kasih makan, minum, pendidikan, rumah tinggal yang layak, sambil kita berikan binaan," pungkasnya.


0 Komentar