Sabtu, 15 April 2017 07:40 WIB

AS Sukses Uji Coba Bom Nuklir Gravitasi Modern

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi bom nuklir gravitasi modern. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Badan Keamanan Nuklir Amerika Serikat (AS) mengumumkan keberhasilan uji lapangan dari bom nuklir gravitasi modern di Nevada.

Pengumuman ini dilakukan saat perhatian dunia tercurah pada penggunaan pertama kalinya 'Ibu dari semua bom' dalam pertempuran.

"Badan Keamanan Nuklir AS (NNSA) dan Angkatan Udara AS menyelesaikan uji terbang kualifikasi pertama dari bom nuklir gravitasi B61-12 pada 14 Maret di Tonopah Test Range di Nevada," bunyi pengumuman badan tersebut seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (15/4/2017).

NNSA mengatakan tes ini dimaksudkan untuk mengevaluasi fungsi non-nuklir senjata dan kemampuan pesawat tempur F-16 untuk menyebarkan bom. Pesawat tempur F-16 dari Pangkalan Angkatan Udara Nellis menjatuhkan perakitan tes non-nuklir.

“Tes berhasil menyediakan data kualifikasi penting untuk memvalidasi bahwa desain dasar memenuhi persyaratan militer,” kata Brigadir Jenderal Michael Lutton, asisten wakil administrator utama NNSA untuk aplikasi militer.

NNSA merupakan bagian dari Departemen Energi, yang bertugas mengelola senjata nuklir AS. B61-12 adalah versi modern dari bom gravitasi B61, senjata nuklir andalan Angkatan Udara AS.

Senjata ini salah satu kaki dari yang disebut triad nuklir, bersama dengan rudal balistik antarbenua yang dikerahkan baik dari silo berbasis tanah atau oceangoing kapal selam.

Presiden Donald Trump telah mensahkan renacan ambisius dan mahal untuk memodernisasi triad nuklir AS, dimulai di bawah pendahulunya. B61-12 ini dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan dan mengganti semua varian B61 saat ini yang masih digunakan.

Tiga tes penerbangan keberhasilan pengembangan B61-12 dilakukan pada 2015. Tes Maret adalah yang pertama dalam serangkaian yang dijadwalkan untuk rentang tiga tahun ke depan, dengan review akhir desain pada bulan September 2018 dan unit produksi pertama dijadwalkan selesai Maret 2020.

"Dalam rangka untuk menenangkan pengkritiknya, di media dan dalam politik, Trump telah memberikan cek kosong untuk jenderalnya. Jadi mereka memiliki waktu besar sekarang, dan mereka menguji semua senjata yang mereka sudah lama ingin uji, tapi tidak bisa," kata Brian Becker, direktur koalisi anti-perang Answer.

Pada hari Kamis, AS menarik perhatian dunia dengan menjatuhkan GBU-43/B Ordnance Air Blast Bomb (MOAB), juga dikenal sebagai "Ibu dari semua bom," pada posisi ISIS di bagian timur provinsi Nangarhar Afghanistan. Ini adalah penggunaan tempur pertama dari senjata, bom konvensional terbesar di gudang senjata AS.(exe/ist)


0 Komentar