Senin, 01 Mei 2017 10:20 WIB

Personel Gabungan Amankan Hari Buruh di Surabaya

Editor : Hermawan
ilustrasi.

SURABAYA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 2.213 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan puncak peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017 di sejumlah titik di kota Surabaya, Senin (1/5/2017).

"Petugas tak hanya dari anggota polisi, tapi gabungan dengan instansi terkait," ujar Kasubag Humas Polrestabes Surabaya Kompol, Lily Djafar, di sela apel pengamanan Hari Buruh di depan kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (1/5/2017) pagi.

Ia merinci, personel yang terlibat terdiri dari Brimob Polda Jatim 585 anggota, Sabhara Polda Jatim 360 anggota, personel Polrestabes Surabaya 805 anggota dan personel siaga 104 anggota, serta 359 anggota dari instansi terkait.

"Personel gabungan yang terlibat membantu adalah TNI, Satpol PP, Gartap, Linmas, Binkes, pemadam kebakaran, Dinas Perhubungan ditambah Dinas Kebersihan dan pertamanan," ucapnya.

Meski dipusatkan di Kantor Gubernur, kata dia, personel juga ditugaskan di beberapa titik yang menjadi sasaran pengunjuk rasa, di antaranya di Gedung Negara Grahadi, Kantor DPRD Jatim serta Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim.

"Di Grahadi ada 433 personel, Kantor Gubernur 509 personel, Kantor DPRD Jatim 414 personel dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi 67 personel," kata perwira menengah tersebut.

Sedangkan, lanjut dia, titik kumpul unjuk rasa buruh adalah kawasan Rungkut Industri, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Karang Pilang, Bundaran Waru depan CITO, depan Carrefour hingga Primarasa Jalan Ahmad Yani, Tol Romokalisari, depan Hotel Bumi dan depan BG Junction.

"Estimasi buruh yang melakukan aksi hari ini jumlahnya 10 ribu orang," kata mantan Kasubag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak tersebut.

Sementara itu, pantauan pagi ini di depan Kantor Gubernur Jatim, seluruh personel gabungan melakukan apel pengamanan yang dipimpin Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga.

Panggung berukuran raksasa juga sudah berdiri tepat di depan pintu masuk, dan kondisi jalan masih dibuka untuk pengendara.

Begitu juga suasana di dalam Kantor Gubernur yang masih lengang, namun kursi dan ruang khusus untuk menerima perwakilan buruh berdialog sudah disiapkan.

"Ruangan yang disiapkan adalah Bhinnaloka dan dijadwalkan bertemu langsung dengan Gubernur Jatim Soekarwo didampingi pejabat Forkopimda Jatim lainnya," kata Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial Pemprov Jatim, Bawon Adhiyotoni.


0 Komentar