Senin, 01 Mei 2017 17:01 WIB

Jelang Hardiknas, Pegiat Dorong Pendidikan Karakter Jadi Poros

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Doni Koesoma dalam sebuah diskusi (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews com - Pegiat Pendidikan, Doni Koesoema mendorong pemerintah menjadikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai poros dalam pengelolaan pendidikan nasional.

Hal itu disampaikannya dalam acara diskusi yang digelar Federasi Serika Guru Indonesia (FSGI) bertajuk 'Refleksi Revolusi Mental di Pendidikan dalam Penguatan Karakter Guru dan Siswa' menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2017).

"Pendidikan karakter harus jadi poros, pemerintah perlu komitmen melalui regulasi yang mendukung peningkatan pembelajarandi kelas, pengembangan budaya sekolah serta membangun kolaborasi dengan masyarakat," ujar Doni di Kantor Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Mampang, Jakarta Selatan, Senin (1/5/2017).

Doni mengatakan PPK menjadi penting mengingat filsafat pendidikan yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara yakni olah rasa, olah pikir, olah hati dan olah raga.

"Dari poros PPK tersebut kemudian dibagi lagi menjadi tiga basis pendidikan yakni berbasis kelas, budaya dan masyarakat, ini penting," tandasnya.


0 Komentar