Jumat, 05 Mei 2017 19:06 WIB

Ratusan Napi Lapas Pekanbaru Kabur, Komisi III: Solusinya Perkuat Anggaran

Reporter : Bili Achmad Editor : Danang Fajar
Beberapa napi Lapas kelas IIB Pekanbaru yang kabur berhasil ditangkap (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR, Eddy Kusuma Wijaya menyesalkan peristiwa kaburnya ratusan narapidana di Lapas Pekanbaru, Riau.

Menurutnya persoalan over capacity Lapas menjadi menjadi masalah utama yang kini terus terjadi dan tidak bisa lagi dipungkiri.

"Persoalan sekarang ini, lapas itu pada umumnya terutama di Indonesia bagian barat dia over capacity, dalam keadaan seperti itu timbul ketidaknyamanan, napi resah, orang yang tidak nyaman akan berupaya melakukan hal negatif," kata Eddy kepada Tigapilarnews.com saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2017).

Meski begitu Politikus PDIP itu enggan menyalahkan pihak-pihak terkait baik Kementerian Hukum dan HAM maupun pemerintah sebagai penyokong anggaran.

"Kita ini negara miskin kalo negara kita hebat tentu kita buat lapas dengan ketentuan berlaku," sambungnya.

Solusinya, dikatakan Eddy yakni dengan memperkuat anggaran pendapatan negara dengan mengamankan sumber pemasulan keuangan, bisa melalui pajak atau hibah.

"bagaimana meningkatkan ini yakni antara lain kita harus revolusi mental, mendorong instansi bekerja dengan baik, termasuk KPK kita dorong untuk memberantas korupsi," pungkasnya.


0 Komentar