Selasa, 09 Mei 2017 17:28 WIB

Walikota Jakut Sebut Kampung Akuarium Akan Dijadikan Cagar Budaya

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi meresmikan Kampung KB di Koja. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi membeberkan terkait rencana penataan di wilayah Perevitalisasian Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa, yakni Pasar Ikan dan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/5/2017). 

Wahyu mengatakan, penataan di kawasan Kampung Akuarium dan Pasar Ikan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Rencana penataan, bukan penertiban telah dirapatkan kemarin. Memang sudah ada yang namanya rencana itu di sana," ujar Wahyu, saat di temui seusai resmikan Kampung Keluarga Berencana (KB) di komplek Jakarta Islamic Centre (JIC) Koja, Jakarta Utara, Selasa (8/5/2017).

Wahyu pun enggan mengakui terkait jadwal penataan tersebut. Ia menuturkan beberapa pihak terkait pun akan membantu melakukan penataan di Kawasan bersejarah tersebut.

"Sudah ada rencana SKPD-SKPD baik itu dari jajaran Dinas (Sudin) Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, lalu di sana (Kampung Akuarium) juga turut serta PD Pasar Jaya, dan juga dari Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI Jakarta. Kesemuanya itu nanti akan bangun beberapa bangunan di sana kan (Pasar Ikan dan Kampung Akuarium). Karena itu nanti bisa terlihat setelah penataan," ungkapnya. 

Wahyu menuturkan, Kawasan Kampung Akuarium-Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, rencana akan dijadikan sebagai lokasi cagar budaya. 

Ia menambahkan, juga akan dibangun beberapa bangunan yang didirikan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Memang ada rencana membangun bangunan di sana (Kampung Akuarium-Pasar Ikan), yang didirikan beberapa SKPD atau instansi terkait. Seperti Dinas KPKP DKI, Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI bahkan juga PD Pasar Jaya ya. Rencana, nanti dijadikan lokasi Cagar Budaya," jelas Wahyu.

Ia mengakui, Asisten Pembangunan DKI Jakarta sudah memetakan, dan juga sudah berbentuk maket terkait penataan yang dilakukan di area Kampung Akuarium - Pasar Ikan. Maketnya ini pun, dijelaskan Wahyu kembali, akan langsung diperlihatkan ke warga yang saat ini bertahan tinggal di Kawasan bersejarah tersebut.

"Naah, maketnya itu sendiri kini ada di tingkat Provinsi di Asisten Pembangunan DKI Jakarta untuk secara keseluruhannya. Nantinya maket itu akan langsung disosialisasikan ke warga di sana," pungkasnya. 


0 Komentar