Kamis, 11 Mei 2017 22:43 WIB

Walubi Kalbar Ajak Umat Wujudkan Toleransi

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Umat Buddha. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kalimantan Barat, Kurniadi mengajak umat Buddha di Kalbar mewujudkan toleransi antara masyarakat sebagai mana tema yang pihaknya angkat dalam perayaan Waisak 2561.

"Mari kita selalu menebarkan kebaikan dan perdamaian sesuai dengan ajaran Sang Buddha. Kita harus terus mengikuti jalan Sang Buddha dengan berbuat baik kepada sesama dan alam sekitar. Hati akan mendapat kedamaian jika kita selalu berwelas asih. Di bumi ini sudah banyak musibah, hendaknya manusia berubah," ujarnya di Pontianak, Kamis (11/05/2017).

Kurniadi menganggap bahwa pada dasarnya semua agama itu sama, yaitu membawa kebaikan sehingga toleransi harus terus dikedepankan. 

"Konflik lebih disebabkan oleh ego yang muncul dari pikiran-pikiran individu atau kelompok. Bukan agama penyebabnya tapi pribadi masing-masing," ujarnya.

Menurutnya perbedaan adalah hal yang wajar. Namun ada yang membuat persamaannya. 

"Kita adalah satu bangsa, apapun agama, ras dan suku kita yang hidup dalam bingkat NKRI yang berlandaskan Pancasila dan menjunjung Bhinneka Tunggal Ika. Situasi politik belakangan ini yang memperuncing perbedaan memang memprihatinkan. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," imbuh dia.(exe/ist)


0 Komentar