Jumat, 12 Mei 2017 07:21 WIB

Ajax Tantang Manchester United

Editor : Yusuf Ibrahim
Kasper Dolberg. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dua klub raksasa, Manchester United dari Inggris dan Ajax Amsterdam dari Belanda, akhirnya kembali ke puncak kompetisi sepak bola antarklub Benua Biru.

Mereka bakal bentrok di final Liga Europa 2016/2017, di Friends Arena, Solna, Swedia, 24 Mei mendatang.

Kepastian itu diperoleh usai kedua klub tersebut menyingkirkan lawan masing-masing pada leg 2 semifinal. Manchester United (MU) yang sudah unggul 1-0 pada leg 1 di Estadio Balaidos, mampu ditahan 1-1 oleh Celta Vigo pada leg 2 yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Jumat (12/05/2017) dinihari WIB.

The Red Devils yang belum pernah meraih trofi Liga Europa (sebelumnya bernama Piala UEFA), lebih dulu memimpin via sundulan Maroane Fellaini, usai memanfaatkan umpan lambung Marcus Rashford pada menit ke-17.

Los Celtinas arahan Eduardo Berizzo baru menyeimbangkan kedudukan pada menit ke-88 lewat Facundo Roncaglia.

Dalam leg 2 semifinal di Old Trafford, kedua kubu harus mengakhiri pertarungan dengan sisa 10 pemain. Kelolosan MU ke final Liga Europa 2016/2017 usai menang agregat 2-1 harus disertai tumbal.

Eric Bailly mesti absen di final akibat kartu merah yang dia terima pada menit ke-87 usai berseteru dengan Roncaglia yang juga kena usir wasit.

Sementara itu, drama yang tak kalah seru terjadi di Parc Olympique Lyonnais, kala tuan rumah Lyon yang takluk 1-4 pada leg 1 semifinal di Amsterdam Arena, harus kalah agregat 4-5, setelah hanya mampu menang 3-1 pada leg 2.

Kali ini di leg 2 , Ajax lebih dulu menambah keunggulan agregat jadi 5-1 pada menit ke-27, usai cocoran Kasper Dolberg tak dapat dihalau Anthony Lopes.

Namun Les Gones tak mau menyerah begitu saja. Pada akhir babak pertama, Lyon menyeimbangkan keadaan jadi 1-1 sekaligus memperkecil ketinggalan agregat jadi 2-5 via eksekusi penalti Alexandre Lacazette. 

Hanya berselang semenit, Lacazette mencetak gol keduanya di hadapan pendukung Lyon usai meneruskan assist Nabil Fekir, agregat masih unggul Ajax 5-3.

Di babak kedua pada menit ke-82, tuan rumah mencetak gol ketiga mereka lewat sundulan Rachid Ghezzal yang berbelok arah usai membentur Nick Viergever. 

Dua menit berselang, Ajax tampil dengan 10 pemain di sisa laga usai Viergever mendapat kartu kuning keduanya. Wasit juga mengeluarkan tambahan 2 kartu kuning buat tim tamu, plus 5 kartu kuning buat tuan rumah.(exe/ist)


0 Komentar