Sabtu, 13 Mei 2017 14:02 WIB

P3S Jakbar Amankan Pengemis Nyamar Jadi Nenek-nenek, 3 Jam Raup Rp 300 Ribu

Reporter : Asropih Editor : Sandi T
Pengemis yang diamankan P3S. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Satuan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Barat mengamankan pengemis kakak beradik, Ina Marlina (33) dan Iday (35) yang berpura-pura menjadi seorang nenek-nenek di Pasar Nangka, Kayu Besar Tegal Alur Kalideres, pada Jumat (12/5/2017) malam.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya mengatakan, modus mereka berpura-pura menjadi seorang nenek tua agar dikasihani oleh warga.

"Ina itu mengenakan pakaian serba lusuh agar penyamarannya semakain meyakinkan warga untuk ngasih," ujar Surya di Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Ia juga menuturkan secara kasat mata bagi warga yang tidak jeli akan tertipu oleh pengemis tersebut. Setiap menjalankan aksinya Ina nekat dengan pura-pura menjadi nenek tua atas ajakan kakaknya.

"Ina menuturkan bahwa baru tiga hari ikut mengemis. Sebelumnya bekerja di laundy. Tapi gajinya tidak menutupi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Surya menambahkan, keduanya merupakan warga Cianjur yang mengontrak di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur sejak 8 bulan lalu. Lebih lanjut, Mereka melakukan aksinya pada malam hari dari pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB.

"Dalam rentan waktu 3 Jam, dirinya mengaku dapat meraup sekitar Rp 200 ribu. Saat diamankan Ina mengaku baru saja beraksi dan hanya dalam waktu 30 menit ia bisa meraup Rp 97 ribu," tandasnya.

Kedua Kakak beradik ini, akhirnya dibawa oleh petugas P3S Jakarta Barat ke Pantil Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat. Hal itu dilakukan guna mendapatkan pembinaan lebih lanjut.


0 Komentar