Sabtu, 13 Mei 2017 18:23 WIB

Menyamar Jadi Nenek-nenek, Pengemis Asal Cianjur Diamankan Dinsos DKI

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Satuan Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudinsos Jakbar membawa dua warga Cianjur, yakni Ina Marlina (33) dan Iday (35) di Pasar Nangka, Kayu Besar Tegal Alur Kalideres karena kerap berpura-pura menjadi pengemis.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya mengatakan, saat mengemis di Pasar Nangka, Ina berpura-pura menjadi seorang nenek tua agar mendapatkan belas kasihan warga. Dia mengemis sambil mengenakan pakaian serba lusuh agar penyamarannya semakin meyakinkan.

Secara kasat mata, kata dia, warga yang tidak jeli akan tertipu oleh pengemis gadungan tersebut. Setiap menjalankan aksinya, Ina juga kerap pura-pura menjadi nenek tua dan diajak mengemis oleh kakaknya.

"Ina mengaku baru tiga hari ikut mengemis. Sebelumnya bekerja di laundry, gajinya tidak menutupi kebutuhan sehari-hari katanya," ujar Surya, Sabtu (13/5/2017).

Surya menjelaskan, keduanya merupakan warga Cianjur yang mengontrak di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur sejak delapan bulan lalu. Ina pun kerap melakukan aksinya pada malam hari, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Dalam rentan waktu tiga Jam, dia sudah bisa meraup uang Rp 200.000.

Kini, kedua kakak beradik itu telah dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut. 

"Pada saat diamankan Ina mengaku baru saja beraksi, dia sudah dapat Rp 97.000, padahal baru 30 menit," pungkasnya. (ist)


0 Komentar