Minggu, 14 Mei 2017 12:41 WIB

Imbas Kasus Ahok Hingga Ke Daerah, Dede Yusuf Sindir Pemerintah

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Danang Fajar
Dede Yusuf (dok/putra)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Tak Hanya di Jakarta warga Aksi simpatik terhadap penahanan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga berimbas ke Kota lain. 

Hal tersebut, ditakutkan dapat menyulut gelombang aksi massa pro dan kontra yang berkelanjutan dan lebih besar (kegaduhan). Pasalnya, dalam kasus Ahok memiliki kemajemukan dalam hal suku atau agama. 

Melihat gelombang aksi massa pro dan kontra di setiap daerah. Ketua DPP Partai Demokrat, Dede Yusuf menilai, situasi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut oleh pemerintah, karena pada kondisi terburuk bisa menimbulkan gesekan sosial.

"Jangan sampai tindakan represif kepada masyarakat dijadikan sebagai langkah prioritas, saya yakin dialog adalah solusi terbaik," ujar Dede, di Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Menurutnya, Indonesia harus menunjukan kepada negara lain bahwa demokrasi di Tanah Air tercinta adalah cerminan dewasa dalam toleran antar perbedaan.

"Indonesia punya pengalaman masa lalu yang  cukup gemilang dalam menyelesaikan konflik komunal horizontal di beberapa daerah," katanya.

Dari masa lalu tersebut, kerukunan masyarakat yang sempat terkoyak bisa dipulihkan berkat adanya pemerintahan yang mampu mempersatukan perbedaan.

"Disinilah peran kepemimpinan Nasional sangat dibutuhkan. Sehingga kelompok nasionalis dan santri saling dirangkul satu sama lainnya," jelasnya.


0 Komentar