Senin, 22 Mei 2017 16:39 WIB

Dewan Dukung Rencana Dishub DKI Bangun Dermaga di Kepulauan Seribu

Reporter : Evi Ariska Editor : Hermawan
ilustrasi - Keindahan Alam Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com  DPRD DKI Jakarta mendukung rencana Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk membangun sepuluh dermaga di Kepulauan Seribu.

Pembangunan sepuluh dermaga ini bagian dari rencana induk pelabuhan (RIP). RIP tersebut untuk mempercepat pengembangan potensi wisata di Kepulauan Seribu. 

"Kalau dibilang mendesak, yang pasti  perbaikan sebanyak 10 dermaga di Kabupaten Kepulauan Seribu saat ini memang dibutuhkan," kata Subandi, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin (22/5/2017).

Subandi menilai, peruntukkan sepuluh dermaga di sejumlah pulau di masa mendatang harus diperjelas terlebih dahulu, apakah dermaga itu diperuntukkan bagi kapal penumpang atau lainnya. 

"Sebab, kalau tidak tahu ke depan mau kapal seperti apa yang bisa masuk ke sejumlah pulau. Kami tidak bisa membangun kedalaman dermaganya," ungkapnya.

Nantinya , RIP dari 10 dermaga di Kabupaten Kepulauan itu akan terintegrasi dengan pembangunan pelabuhan di daratan Muara Angke, Jakarta Utara.

"Ini konsep besar penataan kawasan Muara Angke yang terintegrasi dengan revitalisasi 10 dermaga di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sehingga dibutuhkan satu badan khusus yang menanganinya," tandas Subandi.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD DKI Syarifuddin mengatakan, pembangunan dermaga di 10 pulau permukiman yang terintegrasi dengan penataan Pelabuhan Muara Angke tersebut akan berdampak pada potensi wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Alhasil, kesejahteraan warga Pulau Seribu juga akan meningkat seiring banyaknya wisatawan yang datang berkunjung," pungkasnya.

 


0 Komentar