Jumat, 26 Mei 2017 15:34 WIB

Pemprov DKI Akan Rutinkan Undian Rusun Tiap Pekan

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat membuka acara Pengundian Unit Rusunawa di Balaikota DKI. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat membuka acara pengundian unit rusunawa bagi warga relokasi/terprogram dan warga umum di wilayah Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan dalam rangka Normalisasi Kali Ciliwung di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Pada tahun 2017 ini, terdapat enam rusunawa yang sudah siap dihuni korban penggusuran di DKI Jakarta. Djarot mengimbau agar para penghuni rusunawa tak menyewakan atau memindahtangankan unit yang didapatkan kepada pihak lain. 

"Kita persilahkan keluar apabila yang menempati rusunnya tak sesuai KTP dan KK. Kan berarti sudah punya rumah kalau rusunawa yang ditempatinya disewakan," ujar Djarot di Balaikota DKI.

Djarot menuturkan, sering kali dirinya mendapatkan aduan warga yang ingin mempunyai rusun. Sehingga ia menegaskan bagi warga yang sudah mempunyai rusun agar tidak menyewakan atau menjualbelikan. Namun, Djarot menambahkan, rusun boleh diwariskan kepada keluarga.

"Setiap pagi saya selalu terima keluhan warga yang minta unit rusunawa. Terutama mereka yang kewalahan bayar kontrakan, janda dan lainnya. Makanya yang bisa menghuni rusun bersyukurlah sedikit," ungkapnya.

Pemprov DKI pun akan secara rutin melakukan pengundian rusun setiap hari Jumat di Balaikota DKI. Nama-nama yang masuk daftar undian merupakan rekomendasi dari para Walikota di 6 wilayah Kota di Jakarta. 

"Nama-nama itu bisa masuk setelah melihat skala prioritas. Misalnya diukur dari usia dimana Lansia diutamakan serta korban penertiban untuk kebutuhan apa," tandasnya.

Berikut 6 Rusunawa di Jakarta yang Siap Huni 2017 : 

1. Rusunawa Cakung Barat, Jakarta Timur terdapat 4 blok dengan total 300 unit sudah siap huni. 

2. Rusunawa Jalan Bekasi km.2, Jakarta Timur, 2 blok dengan 200 unit siap dihuni.

3. Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta Timur terdapat 4 blok berjumlah 400 unit yang sudah bisa diisi. 

4. Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, 3 blok dengan jumlah 300 unit juga sudah siap dihuni. 

5. Rusunawa Semper, Jakarta Utara, terdapat 1 tower sejumlah 235 unit siap diisi. 

6. Rusunawa KS Tubun, Jakarta Barat, sebanyak 3 tower dengan total 524 unit siap dihuni. 


0 Komentar