Rabu, 31 Mei 2017 00:00 WIB

Masyarakat Banten Lestarikan Tradisi "Adu Bedug"

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi tradisi "adu bedug". (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Masyarakat Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, masih melestarikan tradisi "adu bedug" untuk meramaikan bulan suci Ramadhan.

"Tradisi adu bedug itu untuk meramaikan suasana makan sahur," kata Ade Supriadi, mantan Kepala Desa Cilabanbulan, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Selasa (30/05/2017).

Aksi adu bedug itu sejak ajaran Islam menyebar di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Tradisi adu bedug itu berlangsung selama Ramadhan yang dimulai pukul 01.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Mereka adu bedug itu, dengan cara sejumlah masyarakat berkeliling antarkampung untuk membangunkan makan sahur secara tepat waktu.

Bunyi pukulan bedug dari kampung ke kampung saling berkumandang sambil membaca shalawat Nabi.

Bahkan, warga Desa Cilabanbulan, Cigandeng, Kananga, dan Kadubonyok, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang dini hari ramai berkeliling dengan suara bedug antarkampung untuk membangunkan warga sahur. 

"Para penabuh bedug itu berkeliling kampung dan bertemu dengan penabuh dari kampung lain, kami bergabung untuk menabuh bedug dan kentongan itu," katanya.

Menurut dia, tradisi seni adu bedug dilakukan hanya saat bulan puasa yang intinya membangunkan warga untuk makan sahur. 

Selain itu, tradisi adu bedug selain seni juga melakukan syiar agama Islam di daerah Banten. "Saya kira seni adu bedug di sini sejak saya lahir hingga kini warga masih dilestarikan," ujarnya.

Wawan (45), seorang penabuh bedug dari Desa Cilabanbulan, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, mengaku hingga kini warganya masih melestarikan tradisi adu badug antarkampung itu.

Bedug yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi dan kentongan dari bambu jika ditabuh menghasilkan suara dengan irama yang indah.

"Kami sangat senang jika bulan puasa menabuh bedug dan kentongan, karena suasana kampung menjadi ramai," katanya.(exe/ist)


0 Komentar