Kamis, 01 Juni 2017 16:31 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Dilakukan Denny JA

Editor : Rajaman
Buku Demokrasi Pancasila (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tepat 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Publik pun memperingati hari kelahiran ideologi bangsa Indonesia itu dengan aneka cara.

Denny JA dan delapan belas intelektual, pemikir, aktivis, jurnalis meluncurkan buku "Mewacanakan Kembali Demokrasi Pancasila (Yang Diperbarui)".

Denny JA menyusun konsep buku tersebut berdasarkan referensi publik. Sebanyak 18 intelektual, pemikir, akademisi, aktivis dan jurnalis, menanggapinya dalam pro dan kontra. Di antara mereka: Rocky Gerung, Christianto Wibisono, Ali Munhanif, Mun'im Sirry, Hatta Taliwang, dan banyak lainnya.

"Kumpulan esai di buku ini selangkah lebih maju. Ketika banyak pihak menggaungkan kembali Pancasila, para penulis buku ini selangkah lebih jauh yaitu menerjemahkan Pancasila itu dalam tata kelembagaannya," ujae Denny dalam keterangan pers, Kamis (1/6/2017).

Menurut pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) itu, terminologi demokrasi Pancasila selama ini berasal dari sistem politik orde baru era Presiden Soeharto. Namun Demokrasi Pancasila era Soeharto tidak demokratis jika diukur melalui kriteria demokrasi modern. 

"Beberapa elemen Demokrasi Pancasila era Pak Harto tak lagi relevan, misalnya:  Dwi Fungsi ABRI, Presiden dipilih MPR, hadirnya utusan golongan di MPR yang tidak dipilih. Reformasi dan amandemen UUD 45 sudah memperbaruinya," lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan sebagian besar publik tak ingin Indonesia berubah menjadi negara Islam, atau kembali ke sistem otoriter, atau menuju demokrasi liberal yang ekstrem sekuler.

"Maka saatnya meneguhkan kembali demokrasi Pancasila (yang diperbarui) menjadi the only game in town. Negara hanya akan stabil jika ada kesepakatan dan konsensus nasional yang baru untuk mengakomodasi kepentingan dan paham politik yang beragam,‎" pungkasnya.


0 Komentar