Jumat, 02 Juni 2017 21:56 WIB

Satgas Pangan Sita 5,5 Ton Makanan Kadaluarsa

Editor : Danang Fajar
ilustrasi (ist)

CIREBON, Tigapilarnews.com - Sebanyak 5,5 ton makanan kadaluarsa diamankan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Cirebon, Jawa Barat, dari home industry, dimana pelaku berdalih makanan tersebut untuk pakan ikan.

"Kurang lebih kami mengamankan 5,5 ton wafer, 7 ball plastik berbagai macam makanan ringan dan 110 kantong plastik berisi makanan dalam kondisi tidak layak makan yang siap diedarkan," kata Wakapolres Cirebon, Kompol Wadi Sa'bani di Cirebon, Jumat (2/6/2017).

Wadi mengatakan makanan kadaluarsa tersebut diamankan dari empat orang pelaku yang mengaku membeli makanan itu untuk pakan ikan.

Namun, setelah diselidiki mereka melakukan pengemasan ulang makanan dan dijual ke pasar tradisional yang berada di Kabuaten Cirebon.

"Pelaku semuanya empat orang masing-masing ditangkap di dua tempat berbeda," tuturnya.

"Makanan yang diedarkan juga kadang dioplos dengan makanan yang masih layak edar," lanjut Wadi.

Dia mengunkapkan, para pelaku penjual makanan kadaluarsa tersebut sudah lama diperkirakan sudah beroperasi selama 3 tahun.

Namun demikian pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium terkait makanan yang diduga kadaluarsa ini. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan status pelaku jika terbukti makanan tersebut kadaluarsa.

"Kami juga terus menyelidiki pasar mana saja yang menjadi target peredaran makanan yang diduga kadaluarsa ini," katanya.

Dia menambahkan pengamanan makanan kadaluarsa tersebut hasil dari giat rutin Satgas Pangan Polres Cirebon selama dibentuk dalam rangka mengendalikan harga pangan dipasaran.

sumber: antara


0 Komentar