Selasa, 06 Juni 2017 21:24 WIB

Kalahkan Striker PSG, Messi Dapat Sepatu Emas Eropa

Editor : Yusuf Ibrahim
Lionel Messi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Lionel Messi mendapat penghargaan hiburan Sepatu Emas Eropa (European Golden Boot) setelah menjadi pencetak gol terbanyak (top skor) di La Liga Spanyol 2016/2017.

Ini keempat kalinya penyerang Barcelona asal Argentina itu mendapat penghargaan sebagai pemain paling produktif dalam mengemas gol.

Meski gagal meraih gelar La Liga dan Liga Champions 2016/2017, Messi menunjukkan ketajaman di kompetisi domestik. Pemain kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987, itu  mengemas 37 gol dari 34 pertandingan La Liga.

Striker Paris Saint-Germain, Edinson Cavani menduduki peringkat 2 dengan 35 gol dari 36 pertandingan Ligue 1. Lalu, di bawahnya penyerang Sporting CP, Bast Dost mengemas 34 gol dari 31 pertandingan. 

Jumlah gol Cavani lebih banyak ketimbang Messi, namun Messi lebih unggul karena berdasarkan aturan UEFA, gol yang dicetak di lima besar liga (menurut daftar koefisien UEFA) dikalikan dengan angka dua. 

Sedangkan gol yang dicetak di liga peringkat enam sampai 21 dikalikan dengan faktor 1,5, dan gol yang dicetak di liga peringkat 22 dan di bawahnya dikalikan dengan Faktor 1. Dengan demikian, gol yang dicetak di liga berperingkat lebih tinggi akan dihitung lebih dari yang dicetak di liga yang lebih rendah.(exe/ist)


0 Komentar