Kamis, 05 Januari 2023 18:05 WIB

AFC Sanjung dan Sandingkan Pratama Arhan dengan Zidane

Editor : Yusuf Ibrahim
Pratama Arhan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pesona Pratama Arhan bersama Timnas Indonesia berhasil mencuri perhatian Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Bek kiri asal Blora itu masuk ke dalam daftar 11 pemain muda yang patut diperhatikan tahun 2023. Selain Arhan, pemain Manchester United asal Irak, Zidane Iqbal, dan pemain Newcastle United asal Australia Garang Mawien Kuol juga masuk dalam sosok 11 pemain yang layak diperhitungkan sepanjang tahun 2023.

"Tidak ada kekurangan talenta muda di bek kiri di sepak bola Asia, dan Pratama Arhan dari Indonesia adalah contoh lain dari pemain muda yang menjanjikan di posisi ini," tulis pernyataan dilansir artikel pada laman resmi AFC, Rabu (4/1/2023).

"Dengan lebih dari 20 caps, baru berusia 21 tahun serta Pemain Muda Turnamen di Piala AFF 2020, Arhan tidak diragukan lagi adalah salah satu talenta paling menarik di sepakbola Indonesia saat ini," sambung artikel itu.

AFC menantikan kiprah Arhan bersama Timnas Indonesia pada babak gugur Piala AFF 2022. Jika berhasil membawa skuad Garuda juara, bukan tidak mungkin Arhan bisa mendapat menit bermain lebih banyak di klubnya, Tokyo Verdy.

"Tahun 2022 membawa Arhan ke tim Liga 2 Jepang Tokyo Verde, Arhan memulai 2023 dengan Piala AFF lainnya di mana Indonesia berharap mendapatkan gelar yang sulit didapatkan setelah menjadi runner-up dalam enam kesempatan," sambung artikel itu.

"Ini akan menjadi awal yang sempurna untuk tahun di mana Arhan berharap dia dapat terus mengibarkan bendera Indonesia di Jepang dan membantu mendorong Tim Garuda maju," tambahnya.

Menariknya, AFC menyandingkan Arhan dengan pemain muda Man United, Zidane Iqbal. Ya, daftar tersebut juga memuat pemain muda asal Irak tersebut. 

"Salah satu pemain muda paling menjanjikan di Manchester United, Iqbal menjalani debutnya di bawah pelatih Ralf Rangnick di Liga Champions 2021-22 tetapi belum melakukan debut liga," lanjut artikel AFC.

"Menjadi orang Irak pertama yang bermain di Liga Inggris, akan menjadi agenda utama Iqbal untuk tahun 2023," tambah artikel itu.

Daftar itu juga memuat nama pemain Timnas Australia yang tampil di Piala Dunia 2022, Garang Kuol. Ya, di usianya yang masih 18 tahun, pemain muda Newcastle United itu sudah bertarung melawan bintang-bintang besar, seperti Lionel Messi dan Kylian Mbappe di Piala Dunia 2022 silam.

"Di usia 18 tahun dan 10 hari, dia (Kuol) adalah Socceroos termuda sejak mantan bintang Liverpool dan Leeds Harry Kewell pada tahun 1996," tulis artikel itu.

"Perkembangannya yang cepat membuatnya mendapatkan kontrak dengan klub Liga Inggris Newcastle United, di mana dia pasti akan berkembang lebih jauh," tutup artikel itu.(des)


0 Komentar