Kamis, 08 Juni 2017 10:47 WIB

Harga Bawang Merah Meroket di Ternate

Editor : Hermawan
Pedagang bawang merah. (foto istimewa)

TERNATE, Tigapilarnews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara menyatakan, harga bawang merah pada pekan kedua Ramadan di sejumlah sentra pasar tradisional memengalami kenaikan.

"Harga bawang merah di pasar saat ini bervariasi Rp 40.000 - Rp 45.000/kg dari sebelumnya Rp 38.000/Kg," kata Kadisperindag Kota Ternate, Nuryadin Rachman, di Ternate, Kamis (8/6/2017).

Meski pun terjadi kenaikan, tetapi masih bisa dijangkau para ibu rumah tangga.

Menurut Nuryadin, kenaikan harga ini juga dipengaruhi oleh cuaca karena rata-rata distributor komoditi ini dari Makassar, Surabaya dan Manado.

"Jadi kapal yang memasok barang, terutama bahan pokok masyarakat agak terlambat tiba di Ternate," ujarnya.

Karena itu, mengantisipasi kemungkinanpara pedagang memanipulas harga, maka pengawasan intensif dilaksanakan setiap pekan.

Selain itu, Disperindag akan melaksanakan Operasi Pasar (OP) yang melibatkan distributor sehingga pengecer yang mengambil barang harganya langsung diproteksi.

Disperindag juga mengantisipasi penjualan bahan pokok masyarakat ke daerah lain seperti bawang merah sehingga terjadi kelangkaan stok.

"Kalau harga naik ada ketersediaan stok tidak masalah. Namun, harga naik dan tidak ada stok berarti itu bermasalah," tandas Nuryadin.

 

 

sumber: antara


0 Komentar