Jumat, 09 Juni 2017 10:14 WIB

Bi Imbau Warga Gunakan Transaksi Nontunai Hadapi Lebaran

Editor : Hermawan
Logo Bank Indonesia (BI). (ist)

MANADO, Tigapilarnews - Bank Indonesia (BI) mengimbau kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk menggunakan transaksi nontunai menghadapi Lebaran karena lebih aman dan nyaman.

"Transaksi nontunai lebih aman bagi masyarakat karena bisa menghindari tindakan kejahatan perampokan atau pencurian oleh pelaku tindak kejahatan," kata Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Jumat (9/6/2017).

Selain itu kata dia, transaksi nontunai juga dapat menghindarkan masyarakat dari tindak kejahatan peredaran uang palsu yang belakangan ini marak terjadi di tengah masyarakat.

"Kalau masyarakat membiasakan diri melakukan transaksi nontunai, maka secara perlahan peredaran uang palsu dapat ditekan bahkan dihilangkan," katanya.

Dia menjelaskan, peredaran uang palsu marak terjadi di tengah masyarakat pada setiap bulan puasa dan menjelang lebaran, maupuan hari raya keagamaan lainnya, karena kebutuhan masyarakat di waktu tersebut sangat tinggi.

Pada saat yang sama, kata dia, harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat juga mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

"Akibat meningkatnya jumlah kebutuhan dan naiknya harga barang, membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab sering nekad mengedarkan uang palsu untuk mendapatkan keuntungan besar," katanya.

Oleh karena itu kata dia, untuk mencegah peredaran uang palsu, masyarakat dalam bertransaksi sebaiknya menggunakan nontunai, baik melalui ATM maupun melalui sms banking yang lebih aman.

 

 

sumber: antara


0 Komentar