Sabtu, 10 Juni 2017 11:31 WIB

Akademisi: Isolasi Qatar Bisa Jadi Peluang Eksportir Indonesia

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Ali Munhanif dalam sebuah diskusi (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Sejumlah negara-negara timur tengah diantaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain resmi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Alasannya, Qatar menjadi negara pendukung kelompok ekstrem dan kaitannya dengan Iran, musuh utama Arab Saudi.

Akademisi FISIP UIN, Ali Munhanif mengatakan, kondisi krisis tersebut harusnya bisa dimanfaatkan sejumlah negara agrikultur, dimana seperti diketahui Qatar masih mengandalkan Arab dalam sektor pertanian.

"Ini saatnya negara agrikultur mulai kontak bisnis dengan Qatar dengan menawarkan bantuan ekonomi termasuk Indonesia," ucap Ali dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (10/6/2017).

Ali mengatakan, Indonesia sebagai negara memiliki lahan pertanian cukup luas seharusnya bisa memanfaatkan momentum ini untuk menjalin hubungan bisnis dengan Qatar.

"Kita harus sadar betul karena produk kita itu kompetitif loh, kita masuk ke negara eksportir pengrajin, misalnya saja mie instant kita itu produk favorit," sambungnya.

"Krisis ini buka peluang negara eksportir produk olahan terbatas, entah makanan instant, agrikultur, buah-buahan bisa masuk ke Qatar. Sebab dengan krisis seperti ini Qatar akan cari sumber pangan baru," pungkasnya.


0 Komentar