Jumat, 16 Juni 2017 22:37 WIB

RSMC Tekad Jadi Solusi Medis dan Tingkatkan performa Atlet

Editor : Yusuf Ibrahim
I Gusti Made Febry Siswanto (kiri), salah satu tim dokter di RSMC. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cedera menjadi hal yang paling menakutkan di kalangan atlet atau para pelaku olahraga.

Begitu cedera datang, dunia seakan berhenti buat sang atlet terlepas sebesar apapun bakat atau sekonsisten apapun performanya. Apalagi jika yang dialami adalah cedera parah yang tidak kunjung sembuh selama bertahun-tahun. Ini bisa menghambat atau mematikan perkembangan karier sang atlet.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah masih belum adanya rumah sakit di Indonesia yang secara khusus menangani masalah cedera atlet secara intesif dan berkesinambungan. Keprihatinan inilah yang mendorong dibentuknya Royal Sports Medicine Centre yang terletak di lt 2 RS Royal Progress, Sunter, Jakarta Utara.

Royal Sports Medicine Centre (RSMC) yang berdiri pada 20 Mei 2014 memiliki misi memberikan solusi medis yang berkelanjutan untuk mendukung dan meningkatkan performance para atlet ataupun olahragawan yang mengalami cedera olahraga untuk bisa kembali ke aktivitas berolahraga dan meningkatkan gaya hidup modern yang sehat dan berkualitas.

“Royal Medicine Sport ini merupakan solusi medis terbaik dan berkelanjutan (one stop service) untuk mendukung dan meningkatkan performa atlet dan pelaku olahraga untuk bisa kembali ke aktivitasnya dan meningkatkan gaya hidup sehat,” kata I Gusti Made Febry Siswanto (Orthopedic, Sport Injuries and Arthroscopy Surgeon), salah satu tim dokter di Royal Sports Medicine Centre di Jakarta, Jumat (16/06/2017) petang.

Terdapat tiga jenis pelayanan yang dapat dilakukan di pusat medis tersebut yakni pelayanan untuk menangani cedera akibat olahraga, yaitu pelayanan untuk meningkatkan performa atlet dan pelaku gaya hidup sehat. “Pelayanan untuk cedera akibat olahraga misalnya bedah arthroskopi (pergantian atau rekonstruksi bahu, panggul, lutut dan kaki), nyeri sendi, cedera, kekakuan, robekan, peradangan, pergeseran akibat olahraga dan pelayanan fisioterapi,” jelasnya.

Selain itu, untuk mendorong performa atlet, Royal Sport Medicine Center ini juga dilengkapi dengan fitness test, tes komposisi tubuh, manajemen nyeri, pencegahan cedera, konsultasi gizi, sport massage, fisioterapi dan atlet spa. Pelayanan juga ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti gym dan personal trainer, USG musculoskeletal, dynamometer, stemcell injection dan Platelet Rich Plasma (PRP), radiologi, laboratorium, farmasi dan kelas rawat inap.

Sejak didirikan pada 2014, Royal Sports Medicine Centre (RSMC) telah banyak menangani cedera para atlet amatir maupun profesional di Indonesia. Kemudian RSMC semakin diakui keberadaannya sebagai pusat pelayanan bagi atlet yang khusus menangani cedera olahraga, terutama ACL (Anterior Cruciate Ligament) – salah satu cedera yang paling kerap dialami oleh para atlet – terutama mereka yang menggeluti olahraga high impact.

RSMC hadir untuk atlet profesional yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia memiliki risiko cedera yang sangat tinggi. Ketika para atlet mengalami cedera dan tidak bisa kembali beraktivitas, mereka tidak memiliki masa depan yang menjanjikan.

Berawal dari keprihatinan melihat nasib para atlet tersebut maka dibentuklah Royal Sports Medicine Centre yang merupakan klinik unggulan yang bertujuan untuk memberikan solusi medis yang berkelanjutan untuk mendukung dan meningkatkan performa para atlet dan pelaku olahraga untuk kembali ke aktifitas berolahraga dan meningkatkan gaya hidup modern yang sehat dan berkualitas.

Adanya klinik ini merupakan salah satu bentuk nyata peran rumah sakit untuk mendukung kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga guna peningkatan kualitas hidup.

Sebagai salah satu poli premier di Rumah Sakit Royal Progress, RSMC hadir tidak hanya menangani cedera, tapi juga dilengkapi dengan fitness test untuk mengetahui komposisi tubuh, weight management, pencegahan cedera, konsultasi gizi, sports massage dan atlet spa. Pelayanan juga ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti gym dan personal trainer, USG musculoskeletal, dynamometer, stemcell injection dan Platelet Rich Plasma (PRP), radiologi, laboratorium, farmasi dan kelas rawat inap.

Terdapat tiga jenis pelayanan yang dapat dilakukan di pusat medis tersebut yakni pelayanan untuk menangani cedera akibat olahraga, pelayanan untuk meningkatkan performa atlet dan pelaku gaya hidup sehat.

RSMC juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa klub olahraga, baik itu sepakbola, basket dan olahraga lainnya. RSMC juga menjadi partner medis kompetisi liga bola basket di Indonesia (Indonesia Basketball League – IBL). Ke depannya, RSMC diharapkan dapat terus berkembang sebagai pusat pelayanan dan solusi medis paripurna untuk atlet dan cedera olahraga.(exe/ist)


0 Komentar