Sabtu, 17 Juni 2017 08:47 WIB

Diimbau Serahkan Diri, 16 Napi Kabur di Lapas Jambi Masuk DPO

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Napi di Lapas. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pascakaburnya napi Lapas Klas IIA Jambi, akibat ambruknya tembok lapas pada Rabu (14/06/2017) lalu, aparat Polri-TNI dan Kemenkumham Jambi masih berupaya melakukan pencarian.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, Bambang Palasara kepada sejumlah media mengatakan,  bahwa pihaknya dan kepolisian sudah bekerja sama untuk mencari napi yang kabur.

"Untuk saat ini, napi yang masih kabur sudah dimasukkan ke daftar pencarian orang (DPO). Bahkan pihak kepolisian juga mencari alamat rumah mereka dan keluarga mereka untuk dimintai keterangannya," ujarnya.

Dia juga mengimbau agar napi yang kabur segera menyerahkan diri, karena jika napi tersebut ditangkap oleh pihaknya dan aparat, hak-hak mereka sebagai napi akan dicabut.

"Kalau menyerahkan diri dengan suka rela akan diperlakukan secara baik-baik. Dan bagi keluarga narapidana tersebut untuk segera menghubungi pihak kepolisian atau pun Lapas apabila mengetahui keberadaan mereka," tukas Bambang.

Menurutnya, sudah ada tiga orang napi telah menyerahkan diri ke Lapas. "mereka datang satu persatu menyerahkan diri," sebutnya.

Bambang juga menambahkan bahwa saat ini situasi di Lapas sudah mulai kondusif, perbaikan tembok lapas sudah dilakukan.

Koordinasi dengan kepolisian juga sudah dilakukan, seiring kondisi sudah mulai stabil kembali normal. "Tidak perlu banyak aparat lagi yang berjaga di Lapas, sehubungan dibutuhkannya aparat polisi untuk menjaga keamanan dalam rangka operasi ramadhaniya mendatang. 

Saat ini, data dari Kemenkumham Jambi jumlah napi yang sudah kembali ke Lapas sebanyak 27 orang, sementara untuk 16 orang lainnya masih dalam pencarian.(exe/ist)


0 Komentar