Selasa, 20 Juni 2017 14:14 WIB

Tes Urine, Satu Sopir AKAP Positif Narkoba

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Petugas Gabungan Jakarta Utara Gelar Tes Urine di Terminal Tanjung Priok. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sopir Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, melakukan tes urine. Tes urine tersebut digelar petugas gabungan Dinas Kesehatan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, Sudin Kesehatan Jakarta Utara, Walikota Jakarta Utara, Unkes Polres Jakarta Utara, dan SatNarkoba Polres Jakarta Utara. 

Kegiatan tes urine tersebut guna meningkatkan rasa aman kepada pemudik yang menggunakan moda transportasi angkutan darat dari Terminal Tanjung Priok Jakarta Utara. 

"Melihat pelayanan kepada pemudik yang melewati Pelabuhan dan Terminal Bus Tanjung Priok. Sehingga masyarakat dapat sampai dengan selamat," kata Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi saat meninjau angkutan Lebaran di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (20/7/2017).

Lanjutnya, petugas gabungan saat tiba di Terminal Tanjung Priok langsung mengecek persiapan angkutan Lebaran yang akan dipakai pemudik, seperti rem, roda, dan memastikan lampu kendaraan dengan penerangan yang cukup. 

Sementara, untuk awak bus dilakukan cek urine, cek gula darah, yang dilakukan oleh petugas gabungan dari Dinas Kesehatan dan BNN. 

"Nantinya yang lulus kita berikan stiker. Artinya kendaraan tersebut sudah laik jalan. Kalau ada yang tidak memenuhi syarat tidak diperbolehkan berangkat," ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Robert Sitinjak menjelaskan, dari 30 sopir yang sudah dicek urine, ada seorang sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis benzo.

"Kita akan amankan sopir tersebut. Karena ini semua dilakukan guna mencegah kecelakaan di jalan dan memberikan kenyamanan pada pemudik," pungkas Robert.


0 Komentar