Selasa, 27 Juni 2017 12:47 WIB

Antisipasi Tindak Kriminalitas, Ancol Dijaga Ketat Polisi

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Sandi T
Ratusan personel gabungan anggota Polres Metro Jakarta Utara melakukan apel pengamanan gabungan di depan Gedung Ecovention Ancol. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ratusan personel gabungan anggota Polres Metro Jakarta Utara melakukan apel pengamanan gabungan di depan Gedung Ecovention Ancol Taman Impian pada Selasa (27/6/2017).

Dalam apel gabungan tersebut pihak kepolisian mengantisipasi terjadinya pencopetan yang biasa terjadi saat kepadatan pengunjung baik di area pantai pasir putih maupun wahana.

Selain tim gabungan dari Polisi, Satpol PP, Dishub, TNI, dan Dinas Kebersihan adapula Tim khusus Tiger yang dikerahkan untuk memastikan pengamanan terhadap pengunjung.

"Kita kerahkan 1085 personel gabungan untuk pengamanan di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol untuk memastikan masyarakat yang berkunjung aman dan terjaga," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono, Selasa (27/6/2017).

Ia menuturkan, fokus perhatian dari pihak kepolisian adalah tindakan kriminalitas pencopetan, kemacetan, anak hilang dari rombongan keluarganya, serta pengunjung pantai yang hanyut berenang.

"Pengamanan harus optimal, setiap personil baik di kawasan maupun dalam wahana jangan jemu sosialisasikan kewaspadaan terhadap copet," tutur mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu.

Dwiyono menyebut titik paling rawan terjadi tindak kriminalitas pencopetan ada di bus Wara-Wiri, loket antrian masuk wahana, serta area kerumunan di pinggir pasir pantai putih.

"Masyarakat harap menjaga barang berharga miliknya, bila ada barang yang hilang atau merasa ada orang mencurigakan segera lapor ke petugas di pos pengamanan terdekat," ucap Dwiyono.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Calvin Simanjuntak mengatakan pihaknya mengantisipasi terjadinya peak pengunjung yang cenderung masih padat hingga akhir pekan ini.

"Kemarin (H+1) saja ada 106 ribu pengunjung yang memadati kawasan Taman Impian Jaya Ancol, hal ini karena sekarang masih di masa libur anak sekolah dan cuti bersama," ungkap Calvin. 

Calvin menjelaskan ada sejumlah titik pos pengamanan gabungan kepolisian. Tim gabungan tersebut terdiri dari, Pospam Utama Ancol, Pospam Bintang Mas, PGU (Pintu Gerbang Utama) Marina, PGU Ancol Barat, PGU Pembibitan, PGU Ancol Timur, PGU Carnaval, Sentral Parkir Timur, Sentral Parkir Tengah, Sentral Parkir Barat, Sektor Wilayah Barat Utara, Sektor Wilayah Barat Selatan, Sektor Wilayah Tengah, Sektor Wilayah Timur Dalam, Sektor Wilayah Timur Luar, Sub Pospam Pantai Indah, Sub Pospam Pasar Seni/Gondola, Sub Pospam Carnaval/ABC, Sub Pospam Lagoon, dan Sub Pospam Taman Lumba-Lumba. 


0 Komentar