Kamis, 29 Juni 2017 12:01 WIB

Polrestro Bekasi Siap Kawal Arus Balik Pemudik

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Sandi T
Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Asep Adi Saputra. (foto istimewa)

BEKASI, Tigapilarnews.com - Polres Metro Bekasi, Jawa Barat mempersiapkan menyambut arus balik dengan menyiagakan Satuan Petugas Lancar Jaya yang terdiri dari dua anggota lalulintas dan satu Shabara pada parkir area (Parking Bay).

"Penetapan itu di KM.34, 32, 29, dan arah Cikampek pada tempat peristirahatan sementara Tambun (KM.19)," kata Kapolrestro Bekasi, Kombes Asep Adi Saputra di Kabupaten Bekasi, Kamis (29/6/2017).

Menurut dia, persiapan itu layak diberlakukan mengingat pada arus mudik banyak kendaraan yang kehabisan bahan bakar minyak (BBM) maupun pecah ban.

Dengan adanya satuan yang disiapkan akan lebih membantu dan dapat memperlancar arus lalulintas ruas jalan tol. Pasalnya mobil atau kendaraan yang mengalami pecah ban aakan ditarik menghujam mobil derek ketepi jalan.

Dan setelah itu baru dilakukan penggantian ban, dan juga petugas akan mengecek kendaraan agar pengguna jalan dapat mengemudikan dengan nyaman serta sampai tujuan.

"Peranan seperti ini yang belum pernah ada dan anggota kepolisian harus dapat menyatu bersama masyarakat serta lebih mengutamakan kebersamaan dalam lingkup sosial," katanya.

Ia menambahkan dalam pengawalan arus balik Lebaran 1438 Hijriah ini Polres Metro Bekasi akan tetap mengutamakan pengamalan dan aturan dalam melakukan penertiban lalulintas jalan tol.

Penertiban itu dengan menggunakan 3S (Salam, Sapa, Senyum). Perlu diketahui pula untuk pengguna jalan tol lebih berharap agar tidak membuang puing-puing sampah berupa plastik maupun makanan sembarang tempat.

Pasalnya dapat mengotori dan menimbulkan tumpukan sampah yang kurang baik. Tentunya dapat mengganggu pemandangan pengguna jasa layanan tol (pengendara).

Lanjut Kombes Polisi Asep menjelaskan dalam hal ini Polres Metro Bekasi siap untuk menyambut arus balik dan melakukan pengamanan ekstra kepada pengguna jalan tol.

"Dan tetap pada tupoksinya yaitu, pengamanan arus balik, pemantauan, dan pengaturan lalulintas," katanya.


0 Komentar