Jumat, 30 Juni 2017 13:01 WIB

17 Agustus Freeport Resmikan Lapangan Terbang Anggoinggin

Editor : Rajaman
ilustrasi smelter Freeport di Papua (ist)

TIMIKA, Tigapilarnews.com - PT Freeport Indonesia telah menyelesaikan pembangunan Lapangan Terbang Anggoinggin di Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Mimika. Rencananya, lapangan terbang berada di ketinggian 2.200 kaki di atas permukaan laut (dpl) tersebut bakal diresmikan pada 17 Agustus mendatang.

"Sebenarnya masyarakat Aroanop mengharapkan peresmian Lapter Anggoinggin bisa dilakukan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu. Namun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat itu, maka diharapkan perayaan 17 Agustus 2017 dipusatkan di Aroanop sekaligus meresmikan Lapter Anggoinggin," kata Nathan Kum, Manajer Hubungan Masyarakat PT Freeport Indonesia, Jumat (30/6/2017).

Nathan mengatakan pembangunan Lapter Anggoinggin Aroanop memakan waktu cukup lama, sekitar enam tahun. Terhitung sejak 2012.

Awalnya, Freeport merencanakan panjang landas pacu hingga 600 meter. Namun karena kondisi geografis yang tidak memungkinkan, maka panjang landas pacu hanya 461 meter.

Dengan landasan pacu sepanjang itu disertai lebar 18 meter dan kemiringan 7-9 persen. Maka lapangan terbang mampu didarati pesawat jenis Pilatus Porter dan Cessna Grand Caravan.

"Lapangan terbang ini bisa selesai karena ada kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat," katanya.

"Setelah peresmian, fasilitas ini nantinya akan diserahkan kepada pemerintah untuk dapat dioperasikan dan digunakan untuk melayani masyarakat."

Pada Kamis (29/6), pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter melakukan uji pendaratan dengan hasil yang sangat memuaskan. Maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu akan sekali lagi melakukan uji pendaratan dengan menggunakan Cessna Grand Caravan yang berkapasitas lebih besar.

Kepala Dishubkominfo Mimika John Rettob mengatakan, setelah uji pendaratan, pihaknya akan mendorong pemerintah provinsi secepatnya mengeluarkan izin operasi lapangan terbang.

"Pemerintah daerah tentu sangat bersyukur atas komitmen PT Freeport untuk menyelesaikan pembangunan Lapter Anggoinggin Aroanop sehingga harapan akan adanya kemudahan transportasi dan aksesibilitas masyarakat setempat bisa segera diwujudkan."

sumber: antara


0 Komentar