Minggu, 02 Juli 2017 16:41 WIB

Polres Kulon Progo Waspadai Upaya Teror di Wilayahnya

Editor : Danang Fajar
Ilustrasi Densus 88 Antiteror Mabes Polri. (foto istimewa)

KULON PROGO, Tigapilarnews.com - Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo, mewaspadai adanya upaya teror oleh oknum tertentu di wilayah ini, pascaditemukan dua tas ransel di Kecamatan Pengasih, pada Minggu dini hari sekitar 02.00 WIB.

"Terkait dengan penemuan dua tas di wilayah Pengasih, meski hanya berisi benda-benda tidak berbahaya, tetap menjadi perhatian Polres Kulon Progo," kata Kapolres Kulon Progo AKBP Irfan Rivai di Kulon Progo, Minggu (2/7/2017).

Ia mengatakan tas di Pengasih, tidak menutup kemungkinan merupakan upaya menciptakan keresahan atau teror terhadap masyarakat atau menciptakan teror kepada Polri.

Untuk itu, lanjut Irfan, perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) yang terjadi di wilayah Kulon Progo, maka pihaknya melakukan langkah-langkah antisipasi, yakni melalukan langkah preventif dengan mengidentifikasi terhadap kelompok-kelompok radikal maupun ekstrim, memetakan kerawanan wilayah serta melakukan deteksi dini.

"Kami akan melakukan tindakan preventif dengan melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat agar lebih waspada terhadap hasutan atau ajakan maupun pengaruh-pengaruh negatif dari kelompok radikal," jelasnya

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, terutama tokoh agama berperan aktif mengajak masyarakat peka dan tanggap melaporkan setiap situasi di lingkungan apabila ditemukan adanya indikasi kerawanan terutama terorisme.

"Kami mengingatkan jajarannya bergerak di lapangan tidak sendiri, dan bagi anggota yang berpakain uniform senantiasa memakai rompi antipeluru dilengkapi dengan persenjataan yang ada," imbaunya.

Imbauan Polres Kulon Progo kepada masyarakat agar turut serta menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, serta segera melaporkan kepada kantor polisi terdekat atau kepada para bhabinkamtibmas jika melihat seseorang yang mencurigakan.

"Sehingga kejadian serupa tidak terulang di wilayah lainnya," harapnya.

Perlu diketahui, warga Pengasih menemukan dua tas yang mencurigakan di depan rumah salah satu warga Dayakan, Pengasih. Atas laporan masyarakat, Polres Kulon Progo dan Tim Penjinak Bom Polda DIY melakukan pemeriksaan.

Setelah diperiksa, dua tas tersebut berisi botol-botol bekas, kain celana, kain-kain kotor, paku dua buah, sisir, kawat bekas, rantai motor, tas plastik, lampu kecil untuk send motor.

sumber: antara


0 Komentar