Rabu, 12 Juli 2017 12:04 WIB

Deteksi Benjolan Payudara Pakai Sabun? Ini Penjelasannya…

Editor : Hermawan
ilustrasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Saat mandi sebenarnya Anda bisa memeriksa ada tidaknya benjolan atau perubahan tertentu di payudara. Terutama saat Anda menyabuni tubuh. 

"Setelah merasa sesuatu yang berbeda dari payudaranya baik ketika sadari atau tidak disengaja misalnya saat mandi, maka kita memakai sabun. Sabun kan licin, sehingga terasa. Itu paling mudah," ujar dr Siti Sundari Manopo dari RS Onkologi Surabaya di Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Bila Anda menemukan benjolan, jangan lantas panik. Ingat-ingat kembali apakah Anda baru saja menstruasi atau bahkan sedang menstruasi. Saat menstruasi seringkali terjadi perubahan fisik payudara. 

Ulangi pemeriksaan di hari berikutnya. Jika memang masih ditemukan benjolan, Sundari menyarankan Anda melakukan USG. 

"Jangan panik. Ingat itu ketika menstruasi atau setelah menstruasi. Ulang lagi pada hari ketujuh atau 10. Kalau masih tetap ada misalnya benjolan, segera lakukan USG. Untuk dibawah 35 tahun," kata dia. 

Bila usia Anda di atas 35 tahun sebaiknya lakukan pemeriksaan menggunakan alat mamogram. 

"Di atas 35 tahun disarankan dengan mamogram. Batas 35 tahun, densitas payudara di atas 35 tahun mulai lunak, sehingga dilakukan pemipihan. Alat mamogram bisa mendeteksi," tutur Sundari. 

Data menunjukkan, kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor satu pada perempuan berusia 40-55 tahun.

Kanker payudara memang cenderung sulit dicegah namun bisa dideteksi dini, salah satunya melalui pemeriksaan payudara sendiri rutin misalnya sebulan sekali setiap 7-10 hari setelah menstruasi.

 

 

sumber: antara

 


0 Komentar