Senin, 17 Juli 2017 20:01 WIB

Maskapai Rute Internasional Pindah ke Terminal 3 bandara Soekarno-Hatta

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Maskapai penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta mulai bulan ini secara bertahap pindah ke Terminal 3. 

Langkah strategis ini dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II terhadap maskapai yang tergabung dalam aliansi global Skyteam, yakni Saudi Arabian Airlines (10 Juli), Vietnam Airlines (12 Juli), Korea Airlines (17 Juli) dan Xiamen Airlines (30 Juli).

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, perpindahan maskapai dilakukan secara bertahap, di mana nantinya seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta akan dilayani melalui Terminal 3. Adapun maskapai nasional Garuda Indonesia yang juga tergabung dalam Skyteam telah lebih dulu melayani penerbangan domestik dan internasional di Terminal 3.

"Kami yakin Terminal 3 dapat meningkatkan citra dari maskapai sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia," ujar Awaluddin, Senin (17/7/2017).

Ia menuturkan, Terminal 3 merupakan terminal termegah dan termodern di Indonesia. AP II optimistis maskapai besar tertarik untuk membuka rute internasional baru dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. 

"Adanya Terminal 3 dengan pengembangan berbagai fasilitas, seperti skytrain serta akses kereta dari dan menuju bandara, maka Bandara Soekarno-Hatta akan sejajar dengan bandara-bandara kelas dunia dan dapat menjadi bandara hub guna lebih maksimal dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia," jelas Awaluddin.

AP II sendiri telah berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia yang diwujudkan, di antaranya melalui kerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kerja sama  AP II dan Kemenpar antara lain dalam layanan Tourist Information Center di Terminal 3 guna mempromosikan pariwisata Indonesia dan membantu wisatawan mancanegara dapat dengan mudah berkunjung ke lokasi-lokasi pariwisata di Indonesia.

Selain itu, kerja sama yang ada juga memungkinkan AP II menggunakan logo Wonderful Indonesia di bandara-bandara yang dikelola perusahaan dan juga mempromosikan lokasi wisata di kota-kota di mana terdapat bandara AP II.

Dalam waktu dekat juga akan dibangun 2 hotel di Terminal 3 serta 1 hotel di kawasan Bandara Soekarno-Hatta guna memudahkan wisatawan menjangkau bandara.

"AP II mendukung target kunjungan wisman yang ditetapkan pemerintah. Di mana pada tahun ini diperkirakan sebanyak 4 juta wisatawan mancanegara akan melalui bandara-bandara yang dikelola AP II. Angka ini meningkat sekitar 600.000 wisman dibandingkan dengan 2016," ungkapnya.

Adapun sepanjang Semester I/2017 pergerakan penumpang internasional di 13 bandara AP II tercatat sebanyak 8,97 juta orang atau meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu 7,78 juta orang.

Pergerakan penumpang internasional terbanyak tercatat di Bandara Soekarno-Hatta yakni 7,18 juta orang pada Semester I/2017, naik dibandingkan Semester I/2016 sebanyak 6,31 juta orang.
 
Sejalan dengan hal tersebut, lalu lintas pergerakan pesawat internasional di Bandara Soekarno-Hatta juga meningkat sekitar 5% atau dari 42.899 pergerakan pada Semester I/2016 menjadi 44.908 pergerakan pada Semester I/2017.

Ke depan, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta termasuk rute internasional akan semakin meningkat yang berujung pada pertumbuhan jumlah penumpang luar negeri seiring dengan dibangunnya runway ketiga. (ist)


0 Komentar