Rabu, 26 Juli 2017 10:49 WIB

Jaktim Punya 107 Titik Pelayanan Perpus Keliling

Editor : Hermawan
ilustrasi - Perpustakaan Keliling. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Peningkatan minat baca terus dilakukan dengan pelayanan langsung ke 107 titik di Jakarta Timur dengan enam mobil perpustakaan (perpus) keliling. Selain kegiatan mendongeng, di dalam perpustakaan keliling juga terdapat lebih dari 750 buku bacaan.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Fadlan Zurhan mengatakan, titik pelayanan antara lainberada di sekolah, PAUD, taman interaksi warga, puskesmas, rusun, kawasan Kanal Banjir Timur, Pos RW di permukiman warga dan wisata kantor walikota.

"Setiap mobil keliling ini memiliki kapasitas 750 sampai 1000 eksemplar buku bacaan. Jenisnya ada buku cerita, dongeng, anak-anak, remaja, dewasa, ketrampilan, pengetahuan umum, sejarah, agama, buku pelajaran dan sebagainya," ujar Fadlan, Rabu (26/7/2017).

Fadlan mengatakan, untuk memberikan kegiatan berbeda, para sopir mobil perpustakaan keliling juga telah dibekali dengan ilmu mendongeng. Sehingga anak-anak yang berkunjung, tidak hanya bisa membaca buku.

"Tugas mereka adalah selain mengemudikan perpustakaan keliling juga harus bisa berinteraksi dengan anak-anak, termasuk mendongeng. Agar anak-anak terangsang untuk gemar membaca," tandasnya.

Dia menyebutkan, jumlah pengunjung per titik setiap harinya sekitar 300 hingga 350 pengunjung. Hal itu dibuktikan dengan adanya daftar hadir yang ada setiap hari. (ist)

 


0 Komentar