Sabtu, 29 Juli 2017 12:33 WIB

Gowes Bangka Dimeriahkan Permainan Tradisional

Editor : Yusuf Ibrahim
Suasana kemeriahan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Bangka Tengah. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh, berterima kasih kepada Kemenpora karena daerahnya dilewati Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017.
 
Dia meyakini program dengan tagline "Ayo Olahraga" ini bakal berguna bagi masyarakat. Mengingat, GPN tidak hanya menjadi momentum untuk berolahraga agar tubuh menjadi sehat dan bugar tapi juga sebagai perekat bangsa. 
 
"Ini karena seluruh Indonesia melaksanakan Gowes Pesona Nusantara dan hari ini Bangka Tengah menjadi salah satu daerah yang dilewati. Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan karena saya baru saja dilantik Kamis lalu. Alhamdulillah kami bisa melaksanakan dan tahun depan akan lebih meriah karena kegiatan ini akan kami masukkan ke APBD 2018," terang Bupati dalam sambutannya sebelum pemberangkatan.
 
GPN 2017 di etape Bangka Tengah mengambil start di Bundaran Tugu Ikan Kecamatan Koba. Mereka akan finish di Desa Terentang yang merupakan masih bagian dari Kecamatan Koba. Lebih dari seribu goweser mengayuh sepedanya menempuh jarak sekitar 20 kilo meter. 
 
Pesertanya, semua tingkatan usia. Mulai dari anak-anak sekolah dasar sampai para orang tua. Mulai pejabat daerah sampai bapak-bapak Polisi juga ikut ambil bagian. Putra maupun putri. Mulai yang berhijab sampai yang tidak. Semua tumplek blek di jalanan mengayuh sepeda bersama-sama berusaha mencapai garis finish. 
 
Sesampainya di garis finish, berbagai acara hiburan menyambut peserta. Salah satunya permainan tradisional kereto angin dan kereto surung. Selain itu juga ada jajaran pasar berjejer memanjakan peserta. Deburan ombak pantai melengkapi suasana bersantai para peserta karena Desa Terentang ini berada di tepi pantai.
 
"Kami sengaja muncul kan kesenian tradisional karena GPN ini bagus untuk dongkrak geliat pariwisata di Bangka Tengah. Kami mohon maaf tahun ini yang pertama dan masih banyak kekurangan. Ini menjadi evaluasi kami tahun depan menjadi lebih baik. Semoga kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan hari ini saja tapi bersepeda setiap hari. Sebagai kebutuhan hidup sehingga  terjaga kesehatannya dan menjadi sumber daya manusia yang unggul," ucap Bupati Ibnu. 
 
Bupati Ibnu ikut menjadi peserta mengayuh sepeda. Dia berlomba mengeluarkan keringat bersama peserta lainnya. GPN di Bangka Tengah sendiri dilepas oleh Staf Ahli Pemuda Bidang Pengarusutamaan Pemuda dan Olahraga, Adiati Noerdin.
 
Ikut dalam rombongan dari Kemenpora di ajang ini Kabid Bimbingan dan Pengembangan Karir Atlet di bawah Asdep Kemitraan Olahraga dan Penghargaan Kemenpora Budiyanto, Dini Yusliyanti dari staf Olahraga Rekreasi Kemenpora, juga Een Ernawati dan Alhadi.
 
Adiati dalam sambutannya menyemangati peserta gowes untuk terus berolahraga untuk kesehatan jasmani dan rohani. Bahkan lebih baik jika olahraga menjadi sebuah kebutuhan hidup. Jadi gaya hidup bangsa karena olahraga sangat membantu dalam pembangunan karakter bangsa. 
 
"Di olahraga ada banyak nilai positif, seperti sportivitas, disiplin, dan kerja sama. Semua itu bisa menjadi modal membangun bangsa dan negara Indonesia. Salam Pak Menpora, beliau sangat mendukung acara seperti ini. Terima kasih Bangka Tengah telah berikan kesempatan untuk bergembira dalam bentuk olahraga. Dengan hebohnya antusiasme peserta dan keterlibatan semuanya mulai dari anak sekolah, pemuda, dan pejabat daerah ini menjadi fakta suksesnya acara ini," ungkap Adiati.
 
Sebelum mengayuh sepeda, didahului prosesi penyerahan tanah dan air dari tempat keramat, Tapak Dewa di Desa Batu Blubang, Kecamatan Pangkal Baru, Bangka Tengah. Penyerahan dari Bupati Ibnu ke Staf Ahli Pemuda Bidang Pengarusutamaan Pemuda dan Olahraga Adiati Noerdin diiringi Tarian Pesembahan. 
 
"Tanah dan air ini menjadi perekat bangsa. Semua titik di Indo yang dilewati GPN makukan ini. Menyerahkan tanah dan air yang nanti akan dikumpulkan semuanya di Magelang untuk menjadi simbol perekat pemuda di sana. Kelak pemuda jadi pemimpin bangsa dan rekatkan NKRI," ujar Adiati.(exe/ist)

0 Komentar