Jumat, 04 Agustus 2017 11:14 WIB

Antisipasi Kemacetan, Polda Metro Lakukan Rekayasa Lalu lintas di Pancoran

Editor : Hendrik Simorangkir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan uji coba pengalihan arus lalu lintas di simpang Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2017). Rekayasa dilakukan untuk mengurai kemacetan di simpang Pancoran yang timbul akibat pembangunan proyek flyover.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra mengatakan, uji coba dilakukan selama sepekan mulai pukul 06.00-09.00 WIB, pengalihan arus berlaku seluruh kendaraan bermotor. Namun, uji coba itu tak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Rekayasa itu diharapkan mengurai kemacetan yang kerap mengular di jalan sekitar simpang Pancoran akibat adanya penyempitan jalan, dampak dari pembangunan flyover. "Kalau memang efektif, tentunya kita teruskan setiap hari Senin sampai Jumat," kata Halim.

Adapun pengalihan arus tersebut akan dilakukan sebagai berikut. Arus lalu lintas dari arah Jalan Jend Gatot Subroto menuju Jalan MT Haryono akan dikanal dengan menggunakan traffic cone dialihkan menuju Jalan Supomo dan berputar di depan pemadam kebakaran, baru bisa belok kiri menuju MT Haryono.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Supomo yang hendak menuju Jalan Raya Pasar Minggu tidak bisa langsung lurus melainkan belok kiri menuju Jalan MT Haryono terlebih dahulu dan memutar di putaran berikutnya. Arus lalu lintas keluar Tol Cawang-Grogol pintu Tegal Parang menuju Jalan Jend Gatot Subroto dan pintu masuk Tol Tebet 1 tetap normal seperti biasa tidak ada pengalihan arus.

Sementara arus lalu lintas dari Jalan MT Haryono menuju Jalan Jend Gatot Subroto atau hendak menuju Jalan Raya Pasar Minggu juga berjalan normal bisa langsung berjalan lurus. Begitu juga arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Pasar Minggu yang hendak menuju Jalan Sopomo, menuju Jalan Jend Gatot Subroto, serta menuju Jalan MT Haryono tidak ada pengalihan arus, bisa melintas seperti biasa.

Diharapkan, bagi pengendara yang hendak menuju Cawang melalui Jalan MT Haryono melintas melalui flyover Pancoran agar tidak terkena imbas pengalihan arus di simpang Pancoran. (ist)


0 Komentar