Kamis, 17 Agustus 2017 23:29 WIB

Pebalap Sepeda Trial Skotlandia Tekad Inspirasi Publik Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim
Danny MacAskill akan tampil di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 19-20 Agustus 2017. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pebalap sepeda trial asal Skotlandia, Danny MacAskill, siap menginspirasi publik Indonesia melalui Drop and Roll Tour yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 19-20 Agustus 2017.

MacAskill mengaku menyasar para pebalap sepeda usia muda untuk bisa mengikuti jejaknya kelak.

"Sekarang ini saya hanya fokus dengan show (Drop and Roll Tour) di Jakarta, saya sangat senang bisa tampil langsung di sini," tutur MacAskill saat menghadiri konferensi pers di O2 Sky Club, Jakarta, Kamis (17/08/2017).

"Saya berharap banyak anak-anak yang menonton show. Saya ingin sekali bisa memberi inspirasi ke mereka," kata MacAskill lagi.

MacAskill tidak sendirian menggelar Drop and Roll Tour di Jakarta. Selain membawa beberapa orang sebagai kru dokumentasi, pria 31 tahun ini juga akan beraksi bersama dua rekannya.

Drop and Roll Tour adalah tur dunia yang dilakukan MacAskill untuk mempopulerkan disiplin trial pada cabang olahraga balap sepeda.

Sebelum tiba di Jakarta, MacAskill dkk sudah lebih dulu mengadakan Drop and Roll Tour di Skotlandia, tepatnya pada festival tahunan Belladrum Tartan Heart yang berlangsung 4 Agustus lalu.

Setelah Jakarta, MacAskill akan membawa Drop and Roll Tour ke Dusseldorf, Jerman.

Rencananya, MacAskill dkk akan beraksi di acara Dusseldorf Caravan Salon pada 26 Agustus mendatang.

Adapun jadwal terakhir Drop and Roll Rour ialah Eurobike di Jerman, 1 September 2017.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari, optimistis disiplin trial bakal segera populer di Tanah Air.

Untuk merealisasikan hal itu, Okto- sapaannya- mengundang pebalap sepeda trial ternama ke Jakarta.

MacAskill (31) merupakan pebalap sepeda trial asal Skotlandia. Saat ini, MacAskill diakui sebagai pebalap sepeda trial paling jago sedunia.

"Alasan saya mengundang Danny sangat sederhana. Dia yang terbaik," ucap Okto.

Okto berharap tur tersebut bisa menuai sukses, baik dari sisi penyelenggaraan maupun pencarian bibit-bibit pebalap sepeda baru.

"Saya berharap acara ini bisa mempromosikan disiplin trial itu sendiri. Disiplin ini merupakan yang terakhir masuk di PB ISSI," kata Okto.

"Saya juga ingin acara ini bisa mendorong masyrakat untuk lebih menggemari olahraga balap sepeda terutama trial," ucap Okto lagi.

Sejak masuk ke PB ISSI pada Januari lalu, Okto mengakui pihaknya sudah mengantongi 15 pebalap sepeda disiplin trial.

Namun, para atlet ini untuk sementara masih berstatus non-elite alias belum bisa diikutkan dalam program pemusatan latihan nasional.

Okto berharap, sebelum Asian Games Jakarta-Palembang 2018 dimulai, PB ISSI sudah punya atlet level elite sehingga bisa mengajukan cabang ekshibisi pada multievent tersebut.(exe/ist)


0 Komentar