Jumat, 18 Agustus 2017 08:26 WIB

ISSI Upayakan Trial Ekshibisi di Asian Games 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari (kedua dari kanan) dan Danny MacAskill (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) berharap cabang olahraga sepeda trial bisa melakukan ekshibisi di Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta-Palembang agar olahraga tersebut semakin berkembang di Indonesia.

"Di ISSI, kami memiliki rencana terukur dan terjadwal termasuk untuk sepeda trial dan Indonesia punya agenda besar tahun depan, Asian Games. Mudah-mudahan kami bisa melakukan ekshibisi sepeda trial di sana," ujar Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, di Jakarta, Kamis (17/08/2017).

Memang, Okto menyadari bahwa sepeda trial merupakan cabang olahraga yang belum lama dikenal di Indonesia. Bahkan di PB ISSI, Komisi Trial baru resmi ada pada awal tahun 2017. 

Oleh karena itu, ISSI bertekad terus membenahi sektor sepeda trial ini agar bisa menghasilkan atlet-atlet dengan kualitas nasional bahkan internasional.

Beberapa langkah strategis yang diterapkan adalah dengan mengundang atlet sepeda trial ternama dunia yang bergabung dalam Danny MacAskill's Drop and Roll Tour 2017 yaitu Danny MacAskill, Duncan Shaw dan Ali Clarkson untuk tampil di Jakarta pda 19-20 Agustus 2017.

Okto menyebut, hal itu dilakukan untuk semakin mempopulerkan sepeda trial di Indonesia. "Kami memilih mereka karena Danny MacAskill dan rekan adalah yang terbaik," tutur dia.

Okto pun menegaskan, saat ini ISSI melalui komisi trial fokus untuk mengembangkan atlet, pelatih, commissiare atau wasit, perlombaan dan venue sepeda trial.

Menurut dia, semua rangkaian yang harus disiapkan dengan matang agar kelak Indonesia bisa menyelenggarakan turnamen sepeda trial baik tingkat nasional maupun internasional.

Adapun saat ini, dia menambahkan, sepeda trial memiliki 10-15 atlet yang sudah tercatat namanya di ISSI, yang kemampuannya masih perlu ditingkatkan agar setara dengan level nasional. Selain itu, jumlah wasit ada 13 orang.

Terkait sepeda trial, berdasarkan laman ISSI, itu merupakan salah satu disiplin bersepeda yang paling mengesankan dan sulit dilakukan. 

Dalam sepeda trial, seorang atlet harus melewati rintangan dalam beberapa bagian tanpa sekalipun menurunkan kaki untuk menjaga keseimbangan. Artinya, kendali atas stabilitas sepeda memegang peranan penting dalam olahraga ini.(exe/ist)


0 Komentar