Jumat, 07 Februari 2020 14:15 WIB

Pertama Kali, Denmark Tuan Rumah Piala Thomas dan Uber

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Akhirnya, Eropa akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bulu tangkis beregu yang paling didambakan, Piala Thomas dan Uber untuk pertama kalinya di Aarhus, Denmark.

Kejuaraan bulu tangkis beregu bergengsi ini akan diadakan 16-24 Mei 2020. Piala Thomas belum diperebutkan di Benua Eropa sejak 1981-82 di Inggris. Piala Uber akan kembali setelah edisi perdana 1956-57 juga di Inggris.

Lima kejuaraan kontinental yang digelar Februari berfungsi sebagai babak kualifikasi dengan empat semifinalis dari Asia dan Eropa bergabung bersama para pemenang dari Pan Am, Oceania dan Afrika.

Juara bertahan dan tuan rumah mendapatkan entri langsung sedangkan slot yang tersisa dalam daftar total 16 akan ditentukan oleh peringkat tim di kualifikasi. Dengan Olimpiade Tokyo 2020 menunggu dua bulan kemudian, para pemain ingin menemukan sentuhan kemenangan mereka.

Piala Thomas dan Uber Dimainkan Bersama

Sejak 1984, kedua turnamen telah dimainkan secara bersamaan di kota tuan rumah yang sama setiap dua tahun, bukan tiga.

Lama Menunggu Juara

Malaysia terakhir merasakan kejayaan Piala Thomas pada 1992 sedangkan Indonesia terakhir memenangkan Piala Uber pada 1996. Tidak ada negara Eropa yang mengangkat Piala Uber.

Pembuat sejarah

Pada 2016, Denmark menjadi tim non-Asia pertama yang memenangkan Piala Thomas.

Juara Bertahan

China merupakan juara bertahan di Piala Thomas dan Jepang menguasai Piala Uber

Kompetisi tim putra dimulai pada 1948-49 dan menghormati Sir George Thomas, Pendiri-Presiden Federasi Badminton Internasional (sekarang BWF).

Piala Uber

Kejuaraan dunia beregu wanita dilangsungkan tahun 1956-57; trofi dirancang dan disumbangkan oleh Betty Uber, pemain pra Perang Inggris yang hebat.


0 Komentar