Sabtu, 19 Agustus 2017 23:56 WIB

Jusuf Kalla Tambah Satu Kriteria untuk Volunteer Asian Games 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meresmikan Asian Games International Sports, Fitness, and Health Expo (GOIFEX) 2017, Sabtu (19/08/2017). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pendaftaran volunteer alias sukarelawan Asian Games 2018 secara manual telah dibuka di salah satu booth GOIFEX 2017 di JCC, Senayan.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menambahkan satu kriteria lagi. Panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) mulai merekrut volunteer.

Mereka menyebut membutuhkan 20 ribu sukarelawan untuk mendukung pelaksanaan pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia mulai 18 Aguatus sampai 2 September 2018 itu. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang meresmikan Asian Games International Sports, Fitness, and Health Expo (GOIFEX) 2017, Sabtu (19/8/2017), berharap agar sukarelawan tak hanya memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh INASGOC.

Dia menambahkan satu lagi kriteria kepada volunteer. "Kita akan mengadakan test event Februari 2018, jadi pendaftarannya volunteer dimulai sampai akhir tahun ini karena akan didata. Jadi, nanti akan dilihat kemampuan bahasanya, keahliannya, dan tentu (harus) suka olahraga. Karena, bagaimana bisa jadi relawan olahraga jika tidak suka olahraga? Dan tentu bahasa juga," kata JK kepada pewarta. 

"Dan itu tidak komersial maupun (punya) kepentingan apa-apa, terkecuali meningkatkan nama negara dengan penyelenggaraan yang sukses," ujar dia kemudian. 

Sementara itu, Deputi II INASGOC, Francis Wanandi, menjelaskan pendaftaran volunteer baru bisa dilakukan secara manual di GOIFEX karena pihaknya masih terkendala dengan sistem IT INASGOC. 

"Jadi ada sedikit kendala di sistem IT kami sehingga pendaftaran dilakukan secara manual dulu. Mereka yang datang ke booth bisa langsung mendaftar dengan membawa Kartu Tanda Penduduk atau kartu pelajar dengan batas usia minimal 16 tahun ke atas, dan ini akan berlangsung selama tiga hari ini," kata Francis, terpisah. 

"Nanti bagi yang sudah mendaftar manual, INASGOC akan menginput ke sistem online, kemudian ada pemanggilan (interview)," tambahnya. 

Bagi yang belum daftar manual jangan khawatir. Francis mengatakan, pendaftaran online kemungkinan dibuka dua pekan lagi atau sekitar September 2017. 

"Nanti akan ada pemanggilan yang disesuaikan dengan jabatan atau posisi yang dibutuhkan. Misalnya yang memiliki jabatan lebih tinggi seperti operator IT tentu akan lebih awal dipanggil. Berbeda untuk user yang tidak perlu skill tinggi, kemungkinan dipanggil bisa tiga bulan sebelum Asian Games digelar," dia menjelaskan. 

"Jadi sebanyak mungkin kami menerima pendaftaran tapi jika sudah memenuhi kuota kemungkinan akan kami tutup. Kami buka sebuka-bukanya kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya, dan peserta luar negeri yang mau daftar. Kami butuh dari manca negara karena peserta Asian Games ada 45 negara dan belum tentu volunteer yang kami inginkan bisa paham bahasa-bahasa peserta," imbau dia.(exe/ist)
 


0 Komentar