Minggu, 20 Agustus 2017 17:50 WIB

Kemenpora Doakan Warga Jombang Semakin Sehat

Editor : Yusuf Ibrahim
Asdep Pengelolaan Sentra Olahraga Kemenpora, Teguh Raharjo. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Walaupun jarak tempuh Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 edisi Jombang hanya sejauh 20 Km, namun untuk menghormati almarhum Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ribuan penggowes diberikan kesempatan beristirahat di makam Gus Dur, Minggu (20/8/2017) pagi.
 
Asdep Pengelolaan Sentra Olahraga Kemenpora, Teguh Raharjo, berkesempatan mengibarkan bendera start GPN Jombang di depan alun-alun kota Jombang, mewakili Menpora Imam Nahrawi.
 
Pada Etape Gus Dur ini, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko yang memilih bertugas sebagai pemberi aba-aba start, mengaku sangat terhormat atas kepercayaan Kemenpora menjadikan Jombang sebagai salah satu kabupaten pelaksana GPN 2017.
 
“Masyarakat Jombang sudah sangat cinta olahraga. Dengan adanya program Gowes Pesona Nusantara, warga Jombang akan semakin cinta olahraga,” kata Bupati Jombang, Nyono Suharli.
 
“Kami juga sangat merasa bangga karena tanah dan air dari Jombang ikut diambil untuk nantinya disatukan dengan tanah dan air dari 89 kabupaten kota yang lain pada 9 September di Magelang, bertepatan dengan peringatan Haornas 2017.”
 
Sementara itu Teguh Rahardjo menambahkan, melalui acara GPN ini, diharapkan warga Jombang menjadi makin sehat.
 
“Saat ini presentasi masyarakat Indonesia dalam berolahraga masih di bawah 20 persen. Mudah-mudahan dengan adanya program Ayo Olahraga dari Kemenpora, masyakarat Jombang akan makin cinta berolahraga,” ujar Teguh. “Rencananya, Presiden Jokowi di akhir tahun akan mencanangkan Hari Bersepeda Nasional.”
 
Menyinggung soal pengambilan tanah dan air dari 90 kota/kabupaten, ini dimaksudkan agar rasa persatuan dan kesatuan dari bangsa Indonesia semakin kuat.
 
Sebelum etape dimulai, tanah yang diambil dari area pemakaman Gus Dur dan air dari Sendang Made diserahkan oleh Cak Besut dan Ning Roesmini ke Bupati Jombang. Selanjutnya tanah dan air tersebut diserahkan ke Teguh Raharjo.
 
Ketika pegowes berada di makam Gus Dur, dilakukan penanaman 10 pohon kelapa. Pemilihan pohon kelapa karena pohon yang satu ini bisa dimanfaatkan semuanya. Mulai dari buah, pelepah, sabut dan lainnya.
 
Mewakili Menpora, Teguh Raharjo melakukan penanaman pohon kelapa yang pertama, disusul oleh Kadispora Jombang, Danramil serta pejabat setempat lainnya.
 
Setelah beristirahat sekitar 1 jam, GPN edisi Jombang kembali dilanjutkan menuju garis finish, kembali ke alun-alun kota Jombang untuk mengikuti pembagian door prize. Adapun door prize yang telah disiapkan mulai dari kipas angin hingga sepeda motor.(exe.ist)

0 Komentar