Sabtu, 26 Agustus 2017 00:58 WIB

Etape Terakhir, Tim GTPN Diimbau Terus Promosi dan Sapa Masyarakat

Editor : Yusuf Ibrahim
Tim Touring Pesona Nusantara (GTPN) Etape Jakarta-Yogjakarta akan menempuh jarak 758 KM. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sesmepora, Gatot S. Dewa Broto, melepas Touring Pesona Nusantara (GTPN) Etape Jakarta-Yogjakarta dengan menempuh jarak 758 KM di halaman kantor Kemenpora, Jumat (25/08/2017) pagi.
 
Tim GTPN Kemenpora sudah menempuh jarak ribuan kilometer sejak 13 Mei 2017 mulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.
 
Sesmenpora menyampaikan bahwa Tim GPTN sudah memasuki etape Jakarta-Yogjakarta. “Oleh karena itu mari kita sambut kedatangan para pejuang dan duta olahraga kita di kantor Kemenpora yang telah berkenan hadir di tengah-tengah kita untuk berbagi perjalanan dan inspirasi semangat berolahraga,” ujarnya didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti.
 
“Pejalanan Tim GPTN ini masih panjang mereka harus sampai di Yogja kurang lebih sampai tanggal 8 September. Inilah seninya Gowes karena dalam perjalanannya mereka berinteraksi dengan masyarakat lapisan apapun. Dan ini juga sebagai bagian dari perekat rasa Indonesia. Pada saat sampai di Magelang, mereka-merekalah yang di antaranya tidak hanya menjadi pahlawan bagi Gowes tapi pahlawan bagi perekat Indonesia,” tambahnya
 
Sesmen melanjutkan, Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara seperti Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera dan sebagainya. Ada juga atlet muda yang ikut dalam Tim GTPN dan eks atlet dan dari komunitas sepeda.
 
Dari awal Tim GTPN ini didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang sangat luar biasa mengikuti dan mensupport para duta olahraga kita ini dalam menjalankan misinya.
 
Misi yang mereka jalankan selain berkampanye Ayo Olahraga, juga mempromosikan rekreasi sepeda dan membawa Air dan Tanah Nusantara dari wilayah yang dilewati selama Touring dan nantinya akan dibawa ke Magelang untuk di kumpulkan dalam suatu bentuk Tugu atau monumen di Gunung Tidar.
 
Selain itu, Semenpora juga meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk mendukung atlet Indonesia yang berlaga di Sea Games 2017 Malaysia.
 
“Dalam suasana kebatinan dan kebangsaan kita sedang sangat kental dengan merah putih mari kita juga berdoa untuk seluruh Kontingen Indonesia yang sedang berlaga di Sea Games 2017 untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ujarnya.
 
Deputi Pembudayaan Kemenpora Raden Isnanta menjelaskan, Tim GTPN ini perjalanan cukup panjang yang melintasi kabupaten/kota dimana pesona alamnya berbagai ragam.
 
Mereka sangat terinspirasi untuk ikut memeriahkan GTPN ini. Karena peserta GTPN mempromosikan pentingnya olahraga. Mereka tidak mengejar kecepatan tapi justru mereka menyapa masyarakat di setiap kabupaten.
 
“Pesan yang ingin kita sampaikan pada masyarakat di samping untuk menghemat energi dan ramah lingkungan juga ada pesan moral untuk memperkuat nilai-nilai kesatuan tanah air yang harus dikedepankan dan memperkuat budaya Indonesia yang juga harus kita unggulkan. Dengan budaya-budaya yang kita tampilkan dan pesona alam yang kita unggulkan maka kita sudah mempromosikan wisata di Indonesia. Olahraga mampu meningkatkan tempat wisata di samping memperkuat kesatuan dan persatuan,” ucapnya.
 
Tim GTPN Kemenpora sudah menempuh enam etape. Etape 1 sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA. Etape 2 melanjutkan perjalanan dari Balige menuju Kota Padang jarak tempuh 727 km.
 
Etape 3 dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625km. Etape 4 dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km. Etape 5 dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km dan Etape 6 dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.
 
Secara keseluruhan Tim GTPN telah menempuh jarak 4011 km sampai Jakarta.
 
Sekarang mereka telah memasuki titik akhir yang dimulai dari Jakarta dan sampai Magelang sekitar kurang lebih 1070 km terbagi menjadi 2 etape. Etape 7, Jakarta-Bandung-Yogyakarta (758 km) dan Etape 8, Yogyakarta-Semarang-Magelang (309 km).
 
Para Riders dan duta Olahraga yang ikut di Tim GPTN ini adalah Fanny Gunawan sebagai Atlet Coach (Semarang). Marta Mufreni sebagai Road Captain (RC) (Tangerang). Kamaruzaman (Pontianak, Kalbar) Anisa Rizky Amalia (Jakarta) Mitya Fitrina (Bandung, Jabar) Kurnia Dian Anggraeni (Pasuruan Jatim). Nina Puspawardhani (Solo, Jateng).
 
Yuni Indah Lestari (TNI AD, Cimahi). Gita Widya Yunika (Sidoarjo, Jatim) Siti Mahmudah (Kediri, Jatim) Agus Widodo, (Kediri, Jatim) Dede Supriatna (Bandung, Jabar). Yeppi Kurniawan (Palembang, Sumsel).
 
Fito Bakdo Prilanji (Pontianak, Kalbar) Woro Wiganti sebagai Manager Atlet (Jakarta).  Budi Yakin sebagai Ketua Tim Riders (Bekasi) dan  Agus Santoso sebagai koordinator lapangan ( Kemenpora) yang sudah mengikuti mulai dari titik Nol Kilometer.(exe/ist)

0 Komentar