Sabtu, 09 September 2017 15:46 WIB

PP FPTI Jamin Adil Pelaksanaan Asian Games 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Pembukaan test event Asian Games yang dirangkai dengan 1st National Series di Cikole, Bandung, Jawa Barat, 6-10 September.(foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) memberi jaminan pertandingan panjat tebing di Asian Games 2018 di Palembang, akan berlangsung adil meski kemungkinan akan menggunakan wasit dan juri asal Indonesia.

Upaya tersebut dilakukan dalam gelaran uji coba (test event) panjat tebing Asian Games 2018, 6-10 September 2017 di Cikole, Bandung Barat, Jawa Barat, tidak menyertakan wasit dan juri dari luar Indonesia.
 
"Kemungkinan memang seperti test event ini, wasit dan juri di Asian Games akan dari lokal. Tapi kami jamin dalam pelaksanaannya akan berlangsung fair," kata Manajer Kompetisi panjat tebing Asian Games 2018, Pontas Sitanggang, di lokasi test event panjat tebing di Cikole, Bandung Barat, Jawa Barat.
 
Jaminan tersebut diungkapkan oleh Pontas dengan pertimbangan wasit dan juri dalam negeri yang akan bertugas di Asian Games 2018 sudah memiliki sertifikasi internasional.
 
Selain itu, lanjut dia, pimpinan lomba atau presiden juri dan technical delegate akan ditujuk khusus dari luar Indonesia yang mewakili Federasi Olahraga Panjat Internasional (IFSC) sehingga bisa mengontrol jalannya lomba bahkan memutuskan penghentian lomba jika ada indikasi kecurangan.
 
"Kami berani menjamin dalam Asian Games 2018 berlangsung fair karena posisi vital, yaitu pimpinan lomba dan technical delegate tetap ditunjuk dari luar negeri yakni mewakili federasi sport climbing internasional. Paling tidak kami akan minta tiga orang perwakilan internasional," katanya.
 
Dari pantauan di lokasi test event sendiri, memang perangkat pertandingan utama yaitu juri dan wasit kebanyakan dari dalam negeri, namun ada tiga pengawas dari IFSC regional Asia termasuk Presiden IFSC Asia, Anthony Seah dan Wakil Presiden IFSC Asia, Francis Lo Shu-chung.
 
Meski sudah dilaksanakan test event Asian Games 2018 di Cikole, IFSC Asia sendiri menekankan setidaknya ada satu turnamen semi kompetisi di venue aslinya di Palembang meski tidak resmi untuk menguji kesiapan panitia di lokasi aslinya.
 
"Sejauh ini tim panitia sudah siap, namun akan lebih baik dilaksanakan juga di Palembang untuk mengetahui kondisi di lokasi aslinya karena ajang yang akan diselenggarakan adalah yang besar yakni Asian Games," kata Presiden IFSC Asia, Anthony Seah, di lokasi test event.
 
Test event panjat tebing Asian Games 2018 sendiri digabungkan dengan Seri Kejuaraan Nasional yang pertama untuk tahun 2017. Seri Kejuaraan Nasional 2017 yang pertama ini sendiri akan memperebutkan hadiah dengan nilai total Rp250 juta.(exe/ist)

0 Komentar