Rabu, 01 November 2017 06:40 WIB

Sagateknindo Sejati Andalkan Mesin Perkakas Taiwan

Editor : Rajaman
Direktur PT.Sagateknindo Sejati, Rudy Teo Saat Menunjukkan Mesin Perkakas Taiwan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Persaingan bisnis di dalam dunia usaha yang semakin meningkat, menuntut sebuah perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup dengan menerapkan strategi tertentu. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas produk atau jasa, dan meningkatkan kemampuan untuk memberi respon terhadap berbagai kebutuhan pelanggan.

Tak terkecuali pada industri manufaktur, sebagai salah satu pelaku di sektor ini PT.Sagateknindo Sejati yang memproduksi bolt (baut), screw (sekrup), nuts (mur), dan washer (ring baut) pun menerapkan strategi tersebut. Dan salah satu upaya mereka, yakni dengan menggunakan mesin-mesin perkakas asal Taiwan yang terkenal dengan kualitasnya yang tidak kalah dengan mesin-mesin asal Jepang dan Eropa, namun memiliki harga yang jauh lebih murah.

Direktur PT.Sagateknindo Sejati, Rudy Teo mengungkapkan bahwa perusahaannya sudah sejak tahun 1993 menaruh kepercayaan kepada mesin-mesin asal Taiwan. Saat ini saja sudah ada sebanyak 250 unit lebih mesin perkakas Taiwan yang dipergunakan dengan berbagai macam merek, antara lain seperti San Yung Electric Heat, Chun Zu CBF-84S, Gwo Ling, hingga Chi Chang Machinery (CCM).

Dengan jumlah mesin perkakas sebanyak itu, Rudy mengklaim perusahaannya sudah berhasil menguasai pasar mur dan baut di Indonesia sebesar 40 persen. Dimana kapasitas produksi perusahaannya mencapai 170 juta pieces per bulan, sementara yang sudah diperdagangkan sebesar 130 juta pieces per bulan. Dan pada saat ini, pihaknya tengah menargetkan untuk dapat menguasai 50 persen pasar dengan mengandalkan mesin-mesin perkakas asal Taiwan tadi.

"Selama ini menggunakan mesin-mesin Taiwan tidak ada masalah berarti. Kualitas cukup baik, sekalipun jika ada masalah bisa cepat penanganannya. Harga juga masuk akal. Hampir seluruh proses produksi kami disini menggunakan mesin-mesin Taiwan. Mulai dari proses heading, rolling, cutting, hingga heat treatment," kata Rudy dalam keterangan persnya, Rabu (1/11/2017).

Dan berkat mesin-mesin perkakas asal Taiwan itu pun, yang dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas, PT.Sagateknindo Sejati kini sudah menjadi partner atau OEM (Original Equipment Manufacturer) bagi sejumlah perusahaan otomotif besar, antara lain seperti Daihatsu, Hino, Mitsubishi, dan Isuzu. Sementara untuk kendaraan roda dua mereka memasok produknya ke pabrik Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki.

"Sejak 2001 hingga 2017 kita sudah mendapat 98 award dari customer kita. Tahun lalu saja ada 15 award, antara lain dari Mitsubishi, Daihatsu, Isuzu, dan Yamaha. Bahkan tahun ini kita juga ikut global conference di Jepang. Ini menandakan kita sudah tidak diragukan lagi kualitas produksinya. Produk kami pun juga ada yang sudah diekspor ke Negara Malaysia, Thailand, dan Vietnam," tuturnya.

Untuk kedepannya, Rudy berharap Taiwan dapat lebih mengembangkan teknologi pada mesin-mesin perkakasnya, sehingga bisa lebih banyak membantu industri manufaktur, khususnya di Indonesia, dikarenakan kebutuhan industri alat-alat konstruksi kecil, seperti mur dan baut dipastikan akan terus ada dan berkembang. 


0 Komentar