Senin, 13 November 2017 19:50 WIB

Masyarakat Kepuluan Seribu Disarankan Ambil Peluang Pariwisata

Editor : Yusuf Ibrahim
Pengunjung di Kepulauan Seribu. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyarankan masyarakat Kepulauan Seribu mengambil peluang pariwisata dengan menyiapkan pelatihan untuk sumber daya manusia (SDM).

"Jadi kita ingin bangun pariwisata, kita ingin bangun industri kemaritiman dan untuk itu yang diperlukan. Bukan hanya insfrastruktur keras, tapi juga infrastruktur lunak," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Senin (13/11/2017).

Hal itu, lanjut Anies, guna mencegah jangan sampai saat pemerintah pusat menetapkan Kepulauan Seribu sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata, SDM setempat belum dilatih untuk menangkap peluang tersebut.

"Nanti kalau tidak dilatih maka warga Kepulauan Seribu tidak akan menikmati luberan investasi yang masuk. Nanti yang datang justru dari daratan lagi dan mereka kalah lagi," kata Anies.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mempercepat pengayaan SDM Kepulauan Seribu, termasuk Balai Latihan Kerja akan diminta melatih masyarakat setempat baik yang sudah putus sekolah maupun yang sudah bekerja untuk menyambut peluang pariwisata.


"Saya minta pada pak bupati untuk memanggil semua warga untuk merumuskan keluhannya. Apa saja keluhannya dan masalahnya apa saja, nanti kita berikan solusinya," kata Anies.
 
Anies menyebutkan beberapa keluhan dan masalah yang kemungkinan muncul, seperti konektivitas serta keterbatasan fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.(ant)

0 Komentar