Rabu, 22 November 2017 14:52 WIB

Golovkin Bersedia Temui Juara WBO

Editor : Yusuf Ibrahim
Gennady "GGG" Golovkin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Raja kelas menengah IBF/IBO/WBA Super/WBC, Gennady "GGG" Golovkin berharap bisa melakukan tiga sampai empat kali pertarungan setiap tahunnya.

Tidak seperti biasanya, selama 2016 dan 2017, petinju tak terkalahkan asal Kazakhstan itu hanya berlaga sebanyak dua kali. Hal tersebut dikarenakan berlarut-larutnya negosiasi pertempuran yang akan dilakoninya.

Tahun ini, Golovkin bertarung hingga 12 ronde untuk merebut kemenangan angka mutlak atas Daniel Jacobs, Maret lalu. Enam bulan kemudian, petinju 35 tahun itu bermain imbang dengan bintang tinju Meksiko, Saul "Canelo" Alvarez di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Saat ini tengah berlangsung negosiasi pertarungan ulang dengan Canelo, yang rencananya akan digelar pada 5 Mei tahun depan. Namun, kedua belah pihak masih serius membahas terkait masalah finansial.

Meskipun selalu menolak, Canelo pada bulan lalu secara resmi menjadi penantang wajib gelar WBC, yang berada di pinggang Golovkin. Di belakang Canelo, terdapat nama pesaing lainnya, Jermall Charlo, yang hingga kini masih belum terkalahkan.

Apabila duel ulang kontra Canelo gagal digelar, Golovkin berniat untuk mengunifikasi seluruh sabuk juara di kelas menengah. Dan satu gelar yang masih belum dikuasainya adalah mahkota WBO, yang saat ini dipegang oleh Billy Joe Saunders.

Saunders, yang berasal dari Inggris, akan berlaga mempertahankan gelar melawan mantan juara IBF, David Lemieux di Kanada pada bulan depan. Jika mampu menang atas Lemieux, Saunders berkeinginan untuk menghadapi Golovkin di pertarungan berikutnya.

Golovkin sendiri pernah menghentikan Lemieux di ronde kedelapan untuk mengambil alih gelar IBF, dua tahun lalu.

"Saya ingin bertarung tiga atau empat kali dalam setahun, tapi saya tahu ini sulit. Jika Canelo tidak menginginkan pertarungan, maka jelas saya ingin menyatukan gelar," ucap Golovkin kepada ESPN Deportes.

"Saya tidak bisa memberi tekanan pada juara WBO, tapi jika dia menginginkan, saya bersedia karena mimpiku adalah memiliki semua gelar," imbuhnya.(snd)


0 Komentar